Pedagang Kulit Ketupat Musiman di Pontianak Raup Untung, Berkah Idulfitri 2024

Lapak penjual kulit ketupat di Pontianak. (SuaraKalbar.id/Maria)

Pontianak (Suara Kalbar)- Jelang perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah kemarin,ternyata mendatang berkah tersendiri bagi pedagang musiman. Salah satunya penjualan ketupat mulai menjamur di sepanjang jalan Sungai Jawi, Pontianak, Kalimantan Barat.

Muhammad Firdaus, seorang penjual kulit ketupat, mengungkapkan bahwa ia mampu mendapatkan keuntungan hingga Rp 500 ribu dalam sehari.

“Alhamdulillah kalau untuk penjualan menghasilkanlah. Kalau sehari bisa dapat Rp500 ribu – Rp600 ribu,” ujarnya melansir dari Suara.com–Jaringan Suarakalbar.co.id, Kamis(11/4/2024).

Menurut Firdaus bisnis kulit ketupat merupakan sumber pendapatan tambahan baginya. Selama belasan tahun, ia telah menjadi penjual kulit ketupat musiman, sambil tetap menjalankan profesi utamanya sebagai supir truk.

“Sudah lama, belasan tahun. Mungkin udah ada 15 tahun,” jelasnya.

Firdaus menjelaskan bahwa setiap tahunnya, ia mulai menjual kulit ketupat hasil buatannya sekitar 3 hari menjelang lebaran.

“Sejak dua hari ini saya jual daun ketupat ni, mulai dari hari Minggu. Rencananya sih besok terakhir kita jualan, dapat tiga hari lah kita jualan,” ujar Firdaus.

Kulit ketupat yang ditawarkan oleh Firdaus dijual dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari Rp 10 ribu untuk seikat yang berisi 10 biji. Selain kulit ketupat yang sudah jadi, ia juga menjual kulit ketupat mentah dengan harga sekitar Rp 13 ribu untuk setiap batangnya.

Meskipun demikian, Firdaus mengakui bahwa tahun ini terdapat penurunan pembeli yang mengakibatkan omzetnya mengalami penurunan sekitar 25 persen.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS