Kalbar  

Lomba Tarian Kreasi Jingle Gelari Pelangi Turut Meriahkan HGK PKK ke-52

Perlombaan Tari Kreasi Jingle Gelari Pelangi dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Provinsi Kalbar di Gedung Pontianak Convention Center (PCC), Rabu (24/4/2024). SUARA KALBAR.CO.ID/HO.Adpim Kalbar.

Pontianak (Suara Kalbar) – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Barat menggelar perlombaan Tari Kreasi Jingle Gelari Pelangi dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Provinsi Kalbar bertempat di Gedung Pontianak Convention Center (PCC), Rabu (24/4/2024).

Kegiatan tersebut turut dihadiri langsung oleh Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Windy Prihastari dan seluruh jajaran pengurus TP-PKK ditingkat Provinsi dan Kabupaten/ Kota se-Kalbar.

Lomba Kreasi Jingle Gelari Pelangi sendiri merupakan bagian dari program TP PKK Pokja 2 yang bertujuan untuk meningkatkan pendidikan, keterampilan, dan ekonomi keluarga. Kriteria penilaian dalam lomba ini meliputi, vokal, kostum, dan pesan yang disampaikan.

Untuk penampilan dari yang dibawakan oleh TP PKK Kabupaten se Kalbar, selain menyajikan vokal yang memukau, lomba ini bertujuan mempromosikan keunikan serta penampilan berbagai model pakaian kebaya sebagai warisan budaya lokal.

Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi atau (Gelari Pelangi), merupakan salah satu program unggulan dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Induk Gerakan PKK tahun 2021-2024, khususnya pada bidang pendidikan, dan peningkatan ekonomi keluarga.

“Semangat yang diusung program Galeri Pelangi adalah mewujudkan keluarga Indonesia yang berdaya secara ekonomi, dan berkualitas secara pendidikan dan keterampilan,” ungkap Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Kalbar Windy Prihastari.

Ia menjelaskan gerakan ini merupakan kegiatan terpadu TP PKK dari tingkat pusat hingga desa/kelurahan, yang sinergis dengan program pemerintah dalam mendorong peningkatan kualitas SDM keluarga dari segi pendidikan, dan ekonomi untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera.

“Apa saja tujuan Gelari pelangi? Gelari Pelangi memiliki tujuan diantaranya meningkatkan kesadaran keluarga Indonesia akan pentingnya pendidikan dan ketahanan ekonomi keluarga, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan peran dan eksistensi PKK sebagai mitra pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan keluarga, menumbuhkembangkan usaha ekonomi produktif dan kreatif di kalangan masyarakat, meningkatkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan dasar keluarga secara optimal, mendorong pengembangan kehidupan berkoperasi serta mendukung program pemerintah dalam melaksanakan agenda pembangunan,” paparnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS