News  

Kemendag Gelar Festival Hari Konsumen Nasional 2024

Dirjen PKTN, Moga simatupang saat ditemui di Festival Hari Konsumen Nasional 2024 di Mall Trans Studio Cibubur,Depok, Jawa Barat, Sabtu 20 April 2024. SUARAKALBAR.CO.ID/Beritasatu.com.

Suara Kalbar-Kementrian Perdagangan (Kemendag) menggelar Festival Hari Konsumen Nasional 2024 di Mall Trans Studio Cibubur,Depok, Jawa Barat, Sabtu (20/4/2024).

Mengangkat tema “Konsumen Kritis Cerdas Bertransaksi”, kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kesadaran konsumen akan hak dan kewajibannya.

Dirjen PKTN, Moga Simatupang mengatakan Festival Harkonas 2024 merupakan rangkaian dari Hari Konsumen Nasional yang dirayakan pada tanggal 20 April setiap tahunnya. Pelaksanaan di tahun 2024 merupakan yang ke-12 kalinya. Tujuannya agar konsumen mengerti akan haknya seperti keamanan, kenyamanan, dan keselamatan dalam mengonsumsi barang dan juga jasa.

Konsumen juga mempunyai hak untuk mendapatkan kompensasi atau ganti rugi dari barang yang dibeli dan tidak sesuai sebagaimana dijanjikan penjual. Hak ketiga, yakni memilih dan mendapatkan barang yang sesuai dengan kondisi yang dijaminkan.

Sedangkan terkait kewajiban, Dia mengingatkan konsumen untuk selalu membayar sesuai dengan harga yang telah disepakati dan berkewajiban membaca informasi dan prosedur sebagaimana tertuang dalam label maupun buku petunjuk dalam setiap barang yang diperjualbelikan.

Pada festival ini terdapat pula beberapa kegiatan seperti, talkshow, bazar dan klinik konsultasi perlindungan konsumen. Kemendag juga menggelar lomba mewarnai bagi anak-anak yang diharapkan dapat juga memahami terkait kegiatan jual beli dan dapat menjadi pengingat bagi orang tua masing-masing untuk dapat berhati-hati dalam melakukan transaksi jual-beli.

“Dengan tema ini, mereka akan bertanya dan mencari tahu, sehingga mereka bisa mengingatkan orang tua, ibu beli ini sudah dicek belum kadaluarsanya, ibu sudah dicek belum standarnya. Jadi selain orang tua, kita berharap anak-anak bisa melatih kepedulian terhadap hak dan juga kewajibannya,” pungkas dilansir dari Beritasatu.com.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS