News  

Kakorlantas Ingatkan Pemudik Tak Berkendara Saat Lelah

Kecelakaan tunggal bus Rosalia Indah di ruas Tol Semarang-Batang, Kamis, 11 April 2024. SUARAKALBAR.CO.ID/Twitter @NTMCLantasPolri.

Suara Kalbar– Sejumlah kecelakaan yang mengakibatkan korban jiwa terjadi selama musim mudik lebaran. Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Polisi Aan Suhanan ingatkan pemudik tidak paksakan diri untuk berkendara saat lelah.

Satu di antara kecelakaan yang menimpa para pemudik yakni kecelakaan maut yang dialami bus Rosalia Indah di kilometer 370 Tol Semarang-Batang, Kamis (11/4/2024), yang diduga disebabkan oleh sopir yang mengantuk.

“Kalau lelah, silakan berhenti. Tidak perlu dipaksakan karena bisa berakibat fatal, seperti kecelakaan,” ujar Kakorlantas Irjen Polisi Aan Suhanan, dilansir dari Beritasatu.com.

Dia juga menyarankan para pemudik yang menggunakan tol untuk beristirahat di tempat istirahat yang telah disediakan. Namun bila tempat istirahat di tol penuh, pemudik bisa beristirahat ke jalan arteri.

Selain itu, dia juga mengingatkan kepada para pengusaha bus untuk menyiapkan sopir cadangan ketika melakukan perjalanan jarak jauh. Menurutnya, baik pengemudi mobil maupun bus sebaiknya beristirahat setiap empat jam selama melakukan perjalanan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS