DPR RI Berharap Basuki Hadimuljono Kembali Menjabat Menteri PUPR di Kabinet Berikutnya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan paparannya dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (1/4/2024). Dalam kesempatan tersebut Menteri Basuki menyampaikan realisasi program kerja dan anggaran Kementerian PUPR pada 2023, salah satunya terkait pencapaian pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). ANTARA

Jakarta (Suara Kalbar)- Beberapa anggota Komisi V DPR RI menyampaikan harapan agar Basuki Hadimuljono dapat kembali menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada kabinet presiden berikutnya.

Ketua Komisi V DPR RI, Asarus, menyatakan bahwa Basuki pantas kembali menjabat menteri karena pemahamannya yang luas terkait tugas Kementerian PUPR. Dia berharap Basuki bersedia menjabat kembali jika Partai Gerindra mengajukan.

“Mudah-mudahan Pak Basuki masih berkenan menjadi menteri kalau Partai Gerindra mau melamarnya. Dengan senang hati kami di sini (Komisi V) dengan Pak Bas (Basuki) karena Pak Bas sudah paham,” katanya melansir dari ANTARA, Selasa(2/4/2024).

Harapan serupa juga disampaikan anggota dari Fraksi Partai Demokrat Irwan. Dia mengapresiasi kinerja Basuki dalam 10 tahun ke belakang, termasuk dalam menyelesaikan 13 proyek strategis nasional (PSN) pada tahun 2023.

“Saya doakan Pak Basuki juga bisa terus berkontribusi membangun bangsa ini dengan masuk Kabinet Indonesia Maju berikutnya,” ucap Irwan.

Terkait dengan keberlanjutan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Irwan berharap Kementerian PUPR dapat melanjutkan pemerataan pembangunan infrastruktur di Kalimantan, terutama di 10 kabupaten/kota di Kalimantan Timur yang merupakan daerah pemilihannya.

Dalam rapat tersebut, Basuki melaporkan bahwa kementeriannya telah menyelesaikan 13 PSN selama 2023 untuk memperkuat infrastruktur nasional.

Sebanyak 13 PSN yang telah selesai, yaitu enam proyek bendungan, empat proyek jalan tol, satu proyek sistem penyediaan air minum (SPAM), satu proyek rumah susun (rusun), dan satu proyek bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS).

Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 berdasarkan hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Namun, kemenangan tersebut digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS