News  

DPR Dorong BP Tangguh Tingkatkan Partisipasi Tenaga Kerja Lokal 

Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto saat kunjungannya di Kilang LGN Tangguh, Teluk Bintuni, Papua Barat, Rabu (17/4/2024). ANTARA/HO-DPR RI

Suara Kalbar– Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto mendorong peningkatan partisipasi tenaga kerja lokal dalam pengembangan proyek Kilang LNG Tangguh di Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat.

Sugeng berharap BP Tangguh tidak hanya meningkatkan kapasitas produksi nasional, tetapi juga menaikkan keterlibatan masyarakat lokal sebagai tenaga kerja. Dimana saat ini tenaga operasional pekerja yang berasal dari Provinsi Papua Barat dan Papua sudah mencapai 70 persen. Namum dirinya tetap mendorong agar naik menjadi 85 persen pada 2029.

Pada kunjungannya tersebut, Sugeng juga menyampaikan apresiasi kepada BP Tangguh karena telah berkontribusi secara signifikan untuk pendapatan negara, terutama dari sektor gas.

“BP Tangguh sejauh ini telah menghasilkan 30 persen lifting gas nasional. Hal ini perlu kita dukung untuk pembangunan yang berkelanjutan, sekaligus memperkuat peran industri hulu migas di era transisi energi,” katanya saat meninjau proyek Kilang LNG Tangguh, Teluk Bintuni, Papua Barat, Rabu (17/4/2024).

Adapun capaian lifting gas nasional pada kuartal I 2024 mencapai sebesar 5.075 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) atau 87,7 persen dari target APBN, yakni sebesar 5.784 MMSCFD.

Sugeng menambahkan bahwa energi gas alam sudah harus menjadi energi utama di Indonesia, mengingat energi fosil yang digunakan saat ini telah menyumbang emisi yang cukup tinggi.

“Walaupun gas alam bukan merupakan energi baru dan terbarukan, namun gas alam lebih bersih dibandingkan energi fosil. Kita terus dukung melalui kebijakan yang lebih efektif untuk meningkatkan keamanan pasokan energi kedepannya,” ujarnya dilansir dari Antara.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS