Dosen IAIN Diminta Tingkatkan Gairah Akademik

Pembinaan pegawai sekaligus halal bihalal yang diikuti oleh dosen dan pejabat di IAIN Pontianak, Kamis (18/4/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/IAIN Pontianak. 

Pontianak (Suara Kalbar) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak laksanakan pembinaan pegawai sekaligus halal bihalal yang diikuti oleh dosen dan pejabat di IAIN Pontianak, Kamis (18/4/2024).

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Prof Dr Syarif dalam kegiatan itu mengatakan penting bagi Dosen IAIN Pontianak untuk meningkatkan gairah akademik, terutama dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan publikasi. Hal ini karena berdampak positif bagi karir dosen sekaligus bagi akreditasi lembaga.

Menurut Rektor, kampus telah mengeluarkan beberapa kebijakan untuk mendorong tumbuh kembang kultur akademik. Ada bantuan penelitian yang disediakan untuk dosen. Tetapi karena anggaran terbatas bantuan itu tidak dapat diberikan kepada semua dosen. Oleh sebab itu dosen juga harus berupaya untuk mencari sumber lain dan melakukan kolaborasi riset dan publikasi.

“Kerja sama riset dengan daerah kabupaten kota sebenarnya dapat dilakukan. Silakan dicarikan peluangnya,” kata Rektor.

Pada kegiatan yang sama, halal bihalal diisi dengan pembinaan pegawai oleh Prof. Abdul Mujib, Ketua Tim Perumus PAK Dosen Kementerian Agama RI. Dalam kesempatan itu Prof. Mujib mengingatkan pegawai untuk berusaha dalam ikhtiar yang dipilih. Usaha itu antara lain dalam bentuk bekerja secara sungguh-sungguh dan ikhlas.

“Seorang dosen memiliki empat ability dan oreantasi: Teaching, research, entrepreneurship, corporate,” ingatnya.

Dilakukan pula simulasi perhitungan angka kredit beberapa dosen. Simulasi ini berdasarkan perhitungan angka kredit baru yang berlaku bagi ASN saat ini.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS