Dinkes KB Kayong Utara Pastikan Faskes dan Posko Siap Hadapi Hari Raya Idulfitri

Gabungan Petugas Pengamana Idul Fitri di Posko Pam Terpadu Pelabuhan Teluk Batang. [SUARAKALBAR.CO.ID/HO-Prokopim KKU]

Kayong Utara (Suara Kalbar)- Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes KB) Kabupaten Kayong Utara telah melakukan peninjauan dan memastikan kesiapan fasilitas kesehatan (faskes) dan posko di beberapa titik di wilayahnya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dan arus mudik.

Kepala Dinkes KB Kayong Utara, dr. Maria Fransisca Antonelly Schoggers melakukan peninjauan langsung di beberapa Puskesmas dan posko yang tersebar di wilayah Kabupaten Kayong Utara. Peninjauan dilakukan untuk memastikan kesiapan tenaga kesehatan, fasilitas, obat-obatan, dan sistem rujukan dalam menghadapi lonjakan kebutuhan pelayanan kesehatan selama Idul Fitri dan arus mudik.

“Peninjauan ini untuk memastikan kesiapan tenaga kesehatan, fasilitas, obat-obatan, dan sistem rujukan dalam menghadapi lonjakan kebutuhan pelayanan kesehatan selama Idul Fitri dan arus mudik,” kata dr. Maria.

Berdasarkan hasil peninjauan, dr. Maria menyatakan bahwa semua faskes dan posko dalam kondisi siap. Tenaga kesehatan yang bertugas telah mendapatkan pelatihan dan siap memberikan pelayanan maksimal. Fasilitas dan obat-obatan juga dipastikan tersedia dan lengkap.

“Sistem rujukan juga telah diperkuat untuk memastikan pasien yang membutuhkan penanganan lebih lanjut dapat dirujuk dengan cepat dan tepat,” ujarnya.

dr. Maria menambahkan, Dinkes KB Kayong Utara juga telah berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya untuk memastikan kelancaran arus mudik dan arus balik.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dan keselamatan selama perjalanan mudik dan balik. Jika mengalami keluhan kesehatan, segera hubungi faskes terdekat,” imbuhnya.

Dengan kesiapan faskes dan posko yang optimal, diharapkan masyarakat Kayong Utara dapat menikmati Hari Raya Idul Fitri dengan aman dan nyaman.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS