Darwis-Rizal Kembalikan Berkas Pendaftaran Kepala Daerah di PDIP Bengkayang

Paslon Cabup dan Cawabup Sebastianus Darwis-Syamsul Rizal yang pertama mendaftar dan kembalikan berkas Pendaftaran di DPC PDI Perjuangan Bengkayang.SUARAKALBAR.CO.ID/Kurnadi.

Bengkayang (Suara Kalbar) – Bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Bengkayang, Sebastianus Darwis dan Syamsul Rizal menyerahkan kembali berkas pendaftaran di kantor DPC PDI Perjuangan Bengkayang, Sabtu (27/4/2024).

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bengkayang, Esidorus mengatakan proses penjaringan bakan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah baik calon gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan walikota dan wakil walikota telah dibuka oleh PDI Perjuangan secara serentak di seluruh Indonesia pada 15 April 2024 dan akan berakhir pada 30 April 2024.

Sejak dibuka pendaftaran sudah ada 11 orang yang mendaftar baik sebagai calon bupati dan calon wakil bupati Bengkayang periode 2024-2029. Pada hari Sabtu (27/24) bertepatan dengan Pesta Perak Pemerintah Kabupaten Bengkayang ke -25, pasangan Sebastianus Darwis dan Syamsul Rizal yang sudah mengembalikan berkas pendaftaran.

“Apabila memang satu-satunya Paslon yang mengembalikan berkas pendaftaran artinya DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bengkayang tetap mengusulkan satu Paslon itu yang disampaikan ke DPP PDI Perjuangan, ” kata Esidorus.

Meski begitu pihaknya tetap menunggu calon lainnya untuk mengembalikan berkas pendaftaran. Dimana nantinya berkas ini akan kami sampaikan di DPD PDIP Perjuangan Provinsi Kalbar dan ditentukan di DPP PDI Perjuangan.

Diketahui DPC PDI Perjuangan membuka pendaftaran, baik untuk kader internal maupun eksternal. Namun di Kabupaten Bengkayang tidak ada kader internal yang mendaftar sebagai cabup dan cawabup.

Meski begitu Esidorus memastikan PDI-P akan menjadi pengusung dan pendukung bagi siapa saja calon yang direkomendasikan partai.

Sementara itu, Sebastianus Darwis mengatakan kedatangannya bersama Syamsul Rizal adalah untuk melanjutkan tahapan pendaftaran sebagai calon kepala daerah, yang sebelumnya juga mendaftar di DPC Partai Demokrat.

“Jika parpol sudah membuka pendaftaran kami akan daftar semua di parpol,” ucap Darwis.

Senada, Syamsul Rizal yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bengkayang menegaskan untuk DPD Partai Golkar Kabupaten Bengkayang berdasarkan hasil Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) yang digelar beberapa waktu lalu. Maka DPD Partai Golkar Kabupaten Bengkayang telah bersepakat kembali mengusung Sebastianus Darwis-Syamsul Rizal, sehingga tidak membuka pendaftaran bagi Paslon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang lain.

“Ada beberapa DPD Partai Golkar yang tidak membuka pendaftaran, namun demikian ada juga yang langsung mendaftar di kantor DPD Partai Golkar Provinsi Kalimantan Barat, ” jelasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS