CEK FAKTA: Perubahan Seragam Sekolah yang Berlaku Setelah Lebaran

Tangkapan layar satu di antara postingan tentang perubahan seragam sekolah yang berlaku usai libur lebaran. SUARAKALBAR.CO.ID

Suara Kalbar– Ramai beredar di media sosial terkait adanya rencana perubahan seragam sekolah yang berlaku setelah Lebaran yang diusulkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Berita tersebut beredar di sejumlah media sosial dan mendapatkan beragam tanggapan dari warganet. Satu di antaranya yang diposting oleh akun instagram garuda_muda_nkri dengan narasi “Seragam sekolah akan dirombak dari SD, SMP dan SMA…apakah orang tua para.murid setuju…..

Pada bagian awal video juga terdapat narasi berisi kalimat “PEDAS!!! WARGANET INI BERI PESAN MENOHOK KE NADIEM MAKARIM SOAL ATURAN BARU SERAGAM SEKOLAH”

Hasil Penelusuran

Sejumlah postingan soal pergantian seragam sekolah itupun mendapatkan banyak komentar dari warganet di antaranya akun @munawirayyan. Dari pada ganti seragam sekolah, mending pak menteri saja yang diganti. Ada juga komentar akun @java_wooden_radio. Rakyat TIDAK BUTUH SERAGAM BARU… Tapi BUTUH MENTERI YG #CERDAS DAN #PINTER BUKAN YG CUMA CARI PROYEK CUAN….

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta, dari Instagram resmi Kemdikbud.ri, disampaikan bahwa pemberitaan tersebut Tidak Benar.

Tidak ada perubahan aturan mengenai seragam sekolah. Semua masih merujuk pada Permendikbudristek No. 50 Tahun 2022, sehingga tidak ada aturan yang mengharuskan siswa membeli seragam baru pada 2024.

Pada postingan instagram resmi Kemdikbud.ri, dijelaskan terkait manfaat peraturan seragam di sekolah:

1. Menanam dan menumbuhkan rasa nasionalisme dan kebersamaan

2. Menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan

3. Mengingkatkan kesetaraan tanpa memandang latar belakang sosial ekonomi

4. Meningkatkan disiplin dan tanggung jawab.

Pakaian seragam terdiri atas pakaian seragam nasional dan pakaian seragam pramuka.

Selain pakaian seragam, sekolah juga dapat mengatur pakaian khas sekolah.

Pemerintah daerah dapat mengatur pakaian adat dengan memperhatikan hak setiap peserta didik dalam menjalankan agama dan kepercayaan pada Tuhan Yang Maha Esa.

Ketentuan seragam nasional pada pelaksanaan, topi, logo Tut Wuri Handayani, dan dasi.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelusuran tersebut diketahui terkait informasi akan perubahan seragam sekolah yang berlaku setelah Lebaran yang diusulkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). TIDAK BENAR.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS