Beragam Jenis Kopi Indonesia Ikuti Pameran Specialty Coffee Expo di AS

Sejumlah pengunjung mencicipi kopi Indonesia dalam “Specialty Coffee Expo” yang diselenggarakan di McCormick Place, Chicago, Amerika Serikat, pada pada 12-14 April 2024. SUARAKALBAR.CO.ID/HO-KBRI Washington DC. 

Suara Kalbar-Sebanyak 12 pelaku industri kopi spesialti Indonesia promosikan produknya pada ajang Specialty Coffee Expo (SCE) di McCormick Place, Chicago, Amerika Serikat, pada 12-14 April 2024.

Paviliun Indonesia dibuka dengan sambutan dari Konsul Jenderal RI di Chicago Listyowati, Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Washington DC Sade Bimantara, serta Deputi Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Tjahjono. Berbagai jenis kopi Indonesia yang ditampilkan itupun memikat para pengunjung pameran yang berasal dari berbagai negara.

Menurut Sade, seperti disampaikan KBRI Washington DC dalam keterangannya pada Senin (15/4), partisipasi Indonesia dalam pameran itu merupakan bentuk kolaborasi yang erat antara pemerintah, BI, perbankan, serta pelaku usaha dan asosiasi kopi Indonesia dengan model “Tim Indonesia”.

Dengan begitu, partisipasi Indonesia pada pameran kopi tersebut bisa lebih berdampak untuk menembus pasar AS yang kompetitif.

“Terlebih, memanfaatkan momentum 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-AS tahun ini untuk meningkatkan kerja sama dan perdagangan industri kopi antar kedua negara,” kata Sade dilansir dari Antara.

Sementara itu, Deputi Gubernur BI Filianingsih Tjahjono menyebut dukungan pemerintah, BI, dan perbankan pada SCE merupakan bentuk keberpihakan pada UMKM Indonesia.

AS merupakan pasar terbesar kopi Indonesia dengan banyak potensi yang masih perlu diraih, sehingga pameran ini kiranya dapat mendatangkan mitra-mitra potensial baru bagi kopi Indonesia.

Atase Perdagangan Washington DC Ranitya Kusumadewi menyampaikan bahwa pesatnya perkembangan industri kopi di AS dan global mengharuskan Indonesia untuk lebih memperkuat branding Indonesia sebagai negara penghasil berbagai biji kopi spesialti yang memiliki cita rasa dan kualitas yang tinggi.

Untuk itu, dalam mempersiapkan partisipasi Indonesia pada SCE tahun ini, telah dilakukan proses kurasi yang memperhatikan berbagai aspek, diantaranya kualitas kopi yang memenuhi kriteria kopi spesialti, aspek pelacakan dan keberlanjutan, serta sertifikasi.

Paviliun Indonesia menghadirkan kopi Indonesia dari beragam sumber diantaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Gayo, Kintamani, Temanggung, Toraja, Maindailing, dan Lampung.

Sementara itu, peserta terdiri dari Catur Coffee, Gravfarm, Ulubelu Coffee, Ataly Coffee, Ephraim Coffee, Java Halu Coffee, Tanamera Coffee, Opal Coffee, Caldera Coffee, Javanese Coffee, dan Indonesia House of Bean (IHOB).

Java Halu Coffee, salah satu peserta SCE mengatakan bahwa terdapat banyak calon pembeli potensial yang menyampaikan ketertarikannya pada kopi Indonesia, termasuk Intelligentsia, salah satu roastery terbesar di kawasan Midwest, AS.

Salah satu pengunjung yaitu Blue Bottle Coffee menyampaikan bahwa kopi spesialti Indonesia sudah jauh berkembang selama beberapa tahun terakhir, dimana proses produksi yang sudah lebih baik telah menghasilkan berbagai kopi berkualitas tinggi.

Pameran SCE setiap tahunnya dihadiri oleh sekitar 14.000 pengunjung dari berbagai kalangan di industri kopi. SCE mempertemukan pemain kunci seperti produsen, pembeli, penggilingan, pengemas, dan lain-lain.

Diketahui Indonesia juga mengirimkan perwakilan untuk mengikuti kejuaraan World Brewers Cup 2024 atas nama Ryan Wibawa dan World Cup Tasters Championship 2024 atas nama Rifky Maulana.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS