Pemilu  

Bawaslu RI Lakukan Sejumlah Persiapan Terkait PHPU Pileg 2024 

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja (tengah) saat memberikan keterangan di Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Minggu (21/4/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/ANTARA.

Suara Kalbar– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI lakukan persiapan terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pileg 2024 sesuai perkara yang teregistrasi di Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja di Gedung Bawaslu RI, Jakarta mengatakan meski ada 270 permohonan. Namun pihaknya belum tahu berapa permohonan yang teregister.

“Kami akan lihat nanti ya. Kami akan lihat proses-proses pada saat (PHPU) pemilihan legislatif,” kata Bagja dilansir dari Antara, Minggu (21/4/2024).

Bagja mengatakan pihaknya juga telah melalukan persiapan-persiapan tambahan untuk menghadapi PHPU Pileg 2024. Bawaslu juga akan mempersiapkan sejumlah laporan pengawasan yang memuat tindakan Bawaslu bila menemukan pelanggaran terkait Pileg 2024.

Sebelumnya, Bagja sempat mengatakan bahwa lembaganya siap menghadapi 270 perkara PHPU Pileg 2024 di MK.

“Kemungkinan kami (pimpinan Bawaslu RI), saya, Pak Herwyn dan Bu Lolly, Pak Totok dan juga Pak Puadi akan membagi kami berlima dalam menghadiri sidang di MK,” kata Bagja di Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Selasa (16/4).

Selain itu, Bagja juga menyiapkan jajaran panitia pengawas (panwas) ad hoc dalam rangka persiapan khusus menghadapi PHPU Pileg di MK.

Dijadwalkan MK akan membacakan putusan perkara PHPU Pilpres 2024 pada hari Senin, 22 April 2024 pukul 09.00 WIB di ruang sidang lantai dua Gedung I MK RI, Jakarta.

Berdasarkan jadwal yang tertera pada laman resmi MK, hakim konstitusi akan membacakan putusan untuk gugatan sengketa pilpres yang diajukan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD serentak pada hari yang sama.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS