News  

Arus Balik Lebaran, BMKG Imbau Masyarakat Pantau Kondisi Cuaca

Ilustrasi - Sejumlah kendaraan.

Suara Kalbar– Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan selama periode arus mudik dan arus balik Lebaran.

Ia menyarankan pemudik untuk memantau informasi dan kondisi cuaca terbaru sebelum melakukan perjalanan. Jika kondisi cuaca memburuk, Dwikorita menyarankan untuk menunda perjalanan.

“Lebih baik menunggu hingga cuaca membaik karena kondisi cuaca buruk dapat membahayakan perjalanan. Pantau terus informasi cuaca, peringatan dini cuaca, gelombang tinggi, pasang surut air laut, informasi dini gempa bumi melalui aplikasi InfoBMKG dan Indonesia Weather Information for Shipping (InaWIS),” ujarnya dilansir dari Beritasatu.com.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga telah merilis prakiraan cuaca untuk Minggu (14/4/2024). Terdapat potensi berawan hingga hujan di banyak kota besar di Indonesia.

Beberapa wilayah, seperti Bengkulu, Serang, Denpasar, Manado, dan Ternate berpotensi mengalami cuaca berawan. Sementara itu, Samarinda diperkirakan akan tertutup awan lebih tebal dengan suhu udara berkisar antara 24-32 derajat celsius dan kelembapan udara antara 60-95%.

Sedangkan kota, seperti Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Bandar Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Pontianak, Palangka Raya, Mataram, Kupang, Makassar, Kendari, Ambon, Manokwari, dan Jayapura dapat mengalami hujan dengan intensitas ringan. Serta Yogyakarta dan Pangkal Pinang diperkirakan akan turun hujan dengan intensitas sedang.

Terhadap beberapa wilayah lainnya, seperti Tanjung Pinang, Palembang, dan Banjarmasin, hujan yang disertai petir juga diprakirakan akan turun.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS