111 Calon Jemaah Haji Kabupaten Sanggau Telah Mulai Manasik

Calon Jemaah Haji Kabupaten Sanggau saat melakukan manasik di Mesjid Agung Sanggau, Kamis (25/4/2024). SUARA KALBAR.CO.ID/ Darmansyah.

Sanggau (Suara Kalbar) -Sebanyak 111 Calon Jemaah Haji Kabupaten Sanggau tahun 1445 H/2024 M mengikuti manasik haji yang digelar oleh Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sanggau di Masjid Agung Al Muawanah dan aula Baznas Sanggau, Kamis (25/4/2024) .

Dalam manasik tersebut beberapa tuntunan dan tata cara pelaksanaan ibadah haji bagi calon jemaah haji untuk menambah pemahaman sebagai tujuan utama keberangkatan ke tanah suci menunaikan ibadah Haji.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Sanggau Muhammad Hasbi mengatakan bahwa jemaah haji Kabupaten Sanggau masuk dalam kloter 18 bersama Kabupaten Kubu Raya, Sintang dan Sekadau.

Rencana keberangkatan dijadwalkan dari Sanggau pada 28 Mei 2024 menuju Kota Pontianak, kemudian pada 29 Mei transit ke Batam yang selanjutnya akan terbang pada 30 Mei ke Kota Jeddah, Arab Saudi.

“Sebelum keberangkatan para jemaah dibekali manasik atau teori tentang cara-cara menunakan Haji dan teknis lainnya. Manasik Haji ini dilaksanakan delapan kali pertemuan, dimulai dari tanggal 23 April hingga 02 Mei 2024,”kata Hasbi.

Dikatakan Muhammad Hasbi, untuk persiapan administrasi calon jemaah haji dari Kabupaten Sanggau sudah sangat matang mulai dari paspor hingga bio visa sudah selesai semua termasuk pelunasan dan medical cek up .

“Untuk kesehatan, kondisi jasmani calon jamaah haji dari Kabupaten Sanggau telah melalui proses pemeriksaan atau medical cek up dari sebelum kegiatan manasik dilaksanakan. Dengan aturan yang baru calon jemaah Haji harus dipastikan sehat terlebih dahulu sebelum melakukan pelunasan biaya haji,” kata Hasbi.

Hasbi memastikan seluruh jamaah yang berangkat dalam keadaan fisik yang sehat dan mampu melaksanakan ibadah dengan baik. Karena pada saat manasik jamaah telah diberikan penyuluhan kesehatan dan dilakukan vaksinasi oleh tim medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau.

“Jadi proses untuk kesehatan jemaah itu sudah jauh-jauh hari dilaksanakan sebelum manasik, ketika manasik juga dilakukan penyuluhan kesehatan, sekaligus kemarin tim dari kesehatan melakukan vaksin meningitis dan vaksin influenza untuk semua jemaah,” jelas Hasbi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS