Melawi  

Tiga Parpol di Melawi yang Diperkirakan Mengisi Kursi Unsur Pimpinan

Kotak suara Pemilu 2024. (Agustiandi/Suarakalbar.co.id)

Melawi (Suara Kalbar)-Pesta demokrasi Pemilihan Umum Legislatif tahun 2024 telah selesai digelar. Sejumlah partai politik pun harus legowo dengan hasil perolehan suara yang dicapai.

Berdasarkan hasil keputusan KPU Kabupaten Melawi nomor 393 tahun 2024 tentang penetapan hasil rekapitulasi pemilihan umum anggota dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten Melawi tahun 2024, setidaknya ada tiga Parpol pemenang dengan raihan suara yang cukup signifikan, dan dipastikan masuk dalam unsur pimpinan DPRD Kabupaten Melawi periode 2024 – 2029.

Ketiga parpol tersebut yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dengan total suara 50.869, PDI Perjuangan dengan total suara 22.025 dan Partai Golkar dengan total suara 19.629.

Sedangkan Partai NasDem yang pada pemilu 2019 lalu sebagai Pemenang pemilu kini harus puas pada urutan ke empat dengan total suara 17.476.

“Alhamdulillah PAN menjadi pemenang Pileg 2024 di Kabupaten Melawi, ” ucap Syukur, Ketua DPD PAN Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa kepada media.

Menurutnya, untuk mencapai kemenangan bukanlah suatu pekerjaan mudah. Dibutuhkan usaha, ketawakalan dan ikhtiar maksimal dari seluruh kader dan para caleg yang diusung.

“Ini kemenangan yang luar biasa dan harus disyukuri,” ucap Dadi yang juga menjabat Bupati Melawi ini dengan ramah.

Rasa syukur tidak hanya dirasakan PAN setelah sukses meraih 11 kursi. Keluarga besar PDI Perjuangan yang pada pemilu 2019 lalu gagal masuk dalam Unsur Pimpinan DPRD kini sukses menempati pemenang kedua pada Pemilu 2024 ini.

Tak tanggung tanggung, Partai berlambang Banteng inipun sukses mendapatkan lima kursi DPRD Melawi.

Ketua DPC PDIP Melawi, Kluisen, mengaku sangat bersyukur dengan perolehan 5 kursi ini ada penambahan dari Pemilu 2019, meskipun masih kurang dari target.

Kluisen menyebut, partainya masih bisa menambah kursi melalui perjuangan yang amat berat, mengingat dinamika pemilu 2024 cukup menguras energi bagi PDIP.

“Saya selaku Ketua DPC PDIP menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus dan kader partai, simpatisan dan masyarakat Melawi yang telah berjuang bersama dan memberikan kepercayaan kepada PDIP pada Pemilu 2024,” ujar Kluisen yang juga menjabat wakil Bupati Melawi ini, Rabu (6/3).

Sementara itu, Partai Golkar masih tetap eksis sebagai partai pemenang ketiga di Melawi di tengah tensi politik yang tinggi terjadi pada 14 Februari 2024 lalu. Partai berlambang pohon beringin inipun meraih empat kursi di DPRD Melawi.

“Alhamdulillah, kita masih mampu bertahan masuk dalam tiga besar dan masih menempatkan wakil ketua DPRD Melawi, ” Ucap Mashur, Ketua DPD Golkar Melawi kepada Suara Kalbar. Co.id.

Tentu hasil tersebut, lanjut Mashur tidak terlepas dari perjuangan seluruh kader, simpatisan, pengurus serta para Caleg dalam mengamankan suara.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS