Seleksi Anggota Paskibra 2024 Kabupaten Sintang, 221 Pelajar Berkompetisi

Para pelajar yang mengikuti seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Duta Pancasila Kabupaten Sintang Tahun 2024.SUARAKALBAR.CO.ID/Kominfo Sintang

Sintang (Suara Kalbar)-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sintang mulai melaksanakan seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Duta Pancasila Kabupaten Sintang Tahun 2024, Senin (4/3/ 2024).

Kusnidar Kaban Kesbangpol Sintang, menjelaskan bahwa dalam seleksi ini ada 264 peserta yang berasal dari 30 SMA sederajat dan yang dinyatakan lolos seleksi administrasi sebanyak 221 orang.

Para peserta yang lulus seleksi administrasi itu terbagi di antaranya 125 putra dan 96 orang putri. Nantinya para peserta akan mengikuti tes Pengetahuan Ideologi Pancasila dan Tes Inteligensia Umum secara online di Lab Komputer SMA Panca Setya Sintang pada Senin, 4 Maret 2024.

“Tes ini akan menggugurkan peserta yang nilainya dibawah standar. Peserta yang lolos tes online, selanjutnya akan mengikuti tes kesehatan yang juga bisa menggugurkan peserta. Setelah itu peserta yang lulus akan mengikuti tes parade, kecakapan baris berbaris, kesamaptaan, dan kepribadian,” jelas Kusnidar.

Secara nasional ditargetkan seleksi itu selesai sebelum memasuki bulan suci ramadhan. Khusus untuk Kabupaten Sintang tahun 2024 ini akan mencari 45 orang anggota Paskibraka Duta Pancasila, yang terdiri dari 20 orang putri dan 25 orang putra. Kabupaten Sintang juga akan mengirim 2 orang peserta untuk mengikuti seleksi di Provinsi Kalimantan Barat.

“Proses seleksi ini seluruhnya mengikuti petunjuk teknis dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP di Jakarta. Sehingga ini seleksi Paskibraka daerah rasa nasional. Semua syarat ikut nasional. Salah satu petunjuk teknisnya untuk daerah adalah tinggi badan putra 165 cm dan putri 160 cm,” terang Kusnidar.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS