Mars Kabupaten Sintang Belum Ada, Sudah Dilombakan Nihil Peserta

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Kartiyus. SUARAKALBAR.CO.ID/Kominfo Sintang

Sintang (Suara Kalbar) – Mars Kabupaten Sintang belum ada, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Kartiyus sebut sudah pernah dilombakan namun nihil peserta, Jumat (22/3/2024).

Menurut Kartiyus, sebelum sebuah kegiatan di Kabupaten Sintang dilaksanakan harusnya dinyanyikan lagu Indonesia Raya dan kemudian Mars Kabupaten Sintang.
“Tapi sangat disayangkan kita belum punya lagu mars Kabupaten Sintang, ” kata Kartiyus.

Kartiyus menambahkan sebetulnya pada even Kelam Tourism Festival Tahun 2023 yang lalu sudah dibuka lomba cipta lagu mars Kabupaten Sintang, tetapi tidak ada satupun masyarakat Kabupaten Sintang yang mengikuti lomba tersebut.

“Sebenarnya tidak patut kalau seniman se-Kabupaten Sintang belum bisa menciptakan lagu tersebut. Padahal Kabupaten Sintang ini punya banyak seniman dan guru kesenian. Harusnya lagu itu bisa diciptakan dan itu nanti akan menjadi hak cipta orang tersebut karena akan didaftarkan di HAKI, ” jelas Kartiyus.

Pada Oktober 2023 yang lalu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang memberikan syarat peserta lomba mengirim dalam bentuk teks yang sudah lengkap nada dan syairnya serta rekaman suara dia menyanyikan.

Syairnya wajib menyampaikan gambaran, potensi dan ciri khas Kabupaten Sintang serta memberikan motivasi dan semangat kepada masyarakat Kabupaten Sintang untuk maju dan berkembang. Syarat lainnya, teks lagu bisa revisi oleh Pemkab Sintang, untuk menyesuaikan teks dengan tujuan lagu mars. Tetapi nadanya tetap menggunakaan nada yang dibuat oleh penciptanya.
IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS