Pemilu  

KPU Optimis Rekapitulasi Nasional Selesai 18 Maret

Komisioner KPU August Mellaz.SUARAKALBAR.CO.ID/Beritasatu.com

Suara Kalbar– Rekapitulasi hasil pemungutan suara pemilu 2024 tingkat nasional ditargetkan selesai pada 18 Maret 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) optimis karena proses rekapitulasi di semua provinsi relatif sudah selesai.

Diketahui target rekapitulasi selesai pada18 Maret itu lebih cepat dua hari dari jadwal yang dikeluarkan KPU dalam PKPU No 3/2022, yakni 20 Maret 2024. Komisioner KPU August Mellaz, mengatakan pihaknya saat ini masih memantau perkembangan rekapitulasi di tingkat provinsi yang sedang berlangsung.

“Tapi relatif sekarang sudah selesai dan sudah bagian-bagian akhir,” katanya dilansir dsri Beritasatu.com, Rabu (13/3/2024).

August mengatakan proses rekapitulasi di tingkat nasional tinggal menunggu kesiapan KPU Provinsi untuk datang ke KPU pusat. Dia menjelaskan biasanya setelah rekapitulasi tingkat provinsi selesai, akan diberikan waktu satu sampai dua hari untuk rehat dan mempersiapkan beberapa hal yang dibutuhkan saat rekapitulasi tingkat nasional.

Selain itu, August menilai dinamika dalam forum selama pleno rekapitulasi berlangsung relatif bisa diatasi. Saksi yang dihadirkan peserta pemilu di KPU juga masih sama sejak pertama.

Hingga hari ke-15 sidang pleno rekapitulasi tingkat nasional, KPU telah melakukan rekapitulasi terhadap 16 provinsi. Sedangkan hari ini ada tiga provinsi yang sedang berlangsung, yaitu Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat. Sehingga tersisa 19 provinsi lagi yang belum melakukan rekapitulasi tingkat nasional.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS