KPU Kubu Raya: Hanya Enam Anggota Dewan Wanita Terpilih dari Pemilu 2024

Ketua KPU Kubu Raya Kasiono.[SUARAKALBAR.CO.ID/Yati S]

Kubu Raya(Suara Kalbar) – Pasca pemilihan umum 2024 kemarin, telah terpilih sejumlah nama – nama yang akan dilantik menjadi DPRD Kabupaten Kubu Raya,namun berdasarkan data kpu keterwakilan dewan perempuan pada kali menurun dibanding lima tahun sebelumnya.

Kasiono Ketua KPU Kubu Raya mengatakan poses pemilihan umum anggota DPRD kabupaten kota telah rampung digelar, rapat pleno juga telah diselesaikan oleh KPU seperti yang dilakukan oleh KPU Kubu Raya.

“Semua sudah kita lakukan,dan menunggu hasil dari mahkamah konstitusi apakah ada yang mengajukan PHPU pasca pemilu atau tidak. Tapi kami harap tidak ada agar proses pemilu tetap lancar,” kata Kasiono Kamis (21/03/2024) siang.

Kasiono menyebut berdasarkan data hasil pemilu legislatif kemarin ada 45 anggota DPRD terpilih dari 7 daerah pemilihan, enam diantaranya merupakan angota dewan wanita. Hal ini menurun dibanding pemilu legislatif sebelumnya.

“Sebelumnya kan 9 anggota dewan saat ini hanya enam yang mendapat kursi,” tambahnya.

Nantinya anggota DPRD terpilih tersebut akan dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Mempawah seperti biasa di Gedung DPRD kubu raya pada awal september mendatang dan langsung mulai mengabdi kepada masyarakat.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS