Kemenkes Himbau Kurangi Penggunaan Gadget Sebelum Tidur

Ilustrasi pemakaian gadget sebelum tidur. (Freepik/Istimewa)

Jakarta (Suara Kalbar)- Menjaga kualitas tidur selama menjalankan ibadah puasa Ramadan menjadi penting, dan mengurangi paparan cahaya biru dari layar gadget dapat membantu memperbaiki pola tidur.

Dr. Ngabila Salama, Staf Teknis Komunikasi Transformasi Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), menyarankan untuk menghindari penggunaan perangkat elektronik menjelang tidur.

“Kurangi screen time dan jauhkan ponsel di malam hari ya, termasuk juga cahaya dari televisi, laptop, dan lain-lain,” katanya melansir dari Beritasatu.com, Senin (18/3/2024).

Selain itu, ia merekomendasikan melakukan aktivitas yang menenangkan seperti mandi air hangat sebelum tidur dan mematikan lampu. Aktivitas yang memicu kegiatan otak yang tinggi seperti bekerja di komputer atau mengerjakan pekerjaan rumah sebaiknya dihindari menjelang tidur.

“Karena puasa sudah membuat kita kurang tidur, hindari begadang di akhir pekan agar jadwal tidur kita tetap terjaga,” ujarnya.

Dr. Ngabila menekankan pentingnya tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Tidur yang cukup dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan sel T yang berperan penting bagi sistem kekebalan tubuh serta membantu menurunkan stres.

“Jadi, usahakan maksimal pada pukul 21.00 atau 22.00 kita sudah tidur, agar bisa terpenuhi kebutuhan tidurnya minimal 7 jam dalam sehari,” jelasnya.

Gangguan tidur akibat kurang tidur dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan seperti kesulitan berkonsentrasi, gangguan ingatan, dan rasa kantuk yang berlebihan sepanjang hari.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS