Kaltim Rencanakan Usaha Terpadu Dukung Ketahanan Pangan dan Pengembangan Wisata di IKN

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik saat meninjau Museum dan Galeri Dayak milik H Syaharie Jaang di Batu Cermin Samarinda. ( ANTARA)

Kaltim (Suara Kalbar)- Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memiliki rencana untuk membentuk usaha terpadu guna mendukung ketahanan pangan dan pengembangan wisata di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik, usaha terpadu tersebut bertujuan untuk mengintegrasikan kegiatan usaha atau rumah produksi dengan unsur budaya dan obyek wisata di sekitarnya.

“Untuk mendukung ketahanan pangan dan pengembangan wisata bagi masyarakat di IKN, maka sudah seharusnya kita memiliki usaha terpadu,” katanya melansir dari ANTARA, Minggu(31/3/2024).

Pada kesempatan itu Akmal Malik didampingi Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim Siti Farisyah Yana serta tokoh masyarakat dan politik Decky Samuel mengunjungi lokasi Museum dan Galeri Dayak milik Syaharie Jaang di Batu Cermin Samarinda.

Menurut Akmal, usaha terpadu yang dimaksudkan adalah kegiatan usaha atau rumah produksi yang tidak meninggalkan unsur budaya maupun obyek wisata di sekitar kegiatan produksi tersebut.

Akmal mengatakan pihaknya merencanakan pembangunan rumah produksi pisang atau digoreng secara kering. Sehingga memerlukan lahan yang luas dan terjangkau. Bahkan, jika perlu ada kombinasi wisata.

“Di sini produksinya, tanam dan pengemasan,hingga dipasarkan. Baik lokal, nasional hingga internasional. Terutama mendukung kebutuhan pangan IKN,” jelasnya.

Karena itu, Akmal bersama sejumlah pihak akan berkoordinasi untuk pengembangan usaha terpadu tersebut.

“Terutama pengelolaan itu dilakukan oleh petani milenial yang ada di daerah,” harap Akmal Malik.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS