Siarkan Pungut-Hitung Pemilu, Komitmen RRI Korwil IX Kalbar Mengawal Demokrasi

Kepala LPP RRI Pontianak Abdul Haris Talamati.

Pontianak (Suara Kalbar)- RRI Korwil IX Kalbar ikut andil dalam mengawal pesta demokrasi Pemilu 2024. Melalui program siaran khusus ‘Indonesia Memilih’, RRI akan menyiarkan secara langsung proses pungut hitung pemilu, Rabu 14 Februari mulai pukul 05.00 hingga 24.00 WIB.

Kepala LPP RRI Pontianak yang juga Ketua Korwil IX RRI, Abdul Haris Talamati mengatakan program siaran Indonesia Memilih melibatkan 28 reporter dan kontributor berasal dari RRI Pontianak, RRI Sintang dan RRI Entikong serta Stasiun Produksi (SP) RRI Sambas dan Sanggau.

“Nantinya, reporter dan kontributor RRI akan kami sebar di sejumlah lokasi yang telah ditentukan. Mereka akan melaporkan secara langsung dan menulis berita seputar aktifitas sebelum dan sesudah pencoblosan serta saat penghitungan suara pemilu berlangsung di setiap TPS, hingga ke tahapan selanjutnya,” ujar Haris.

Tidak hanya itu, agar masyarakat teredukasi dan memahami dengan baik makna pesta demokrasi, saat siaran khusus Pemilu 2024 dalam program Indonesia Memilih, sejumlah pihak juga akan dilibatkan untuk menjadi narasumber. Setidaknya lanjut Haris, ada dua sesi penting yang menjadi fokus dalam siaran khusus tersebut, yaitu sebelum dan saat pencoblosan serta ketika masuk tahapan krusial, yaitu penghitungan suara.

“Saat tahapan pencoblosan, jam 7 pagi sampai jam 12 siang, kita akan hadirkan narasumber dari penyelenggara pemilu, pejabat publik hingga aparat keamanan. Fokus pembahasan saat siaran nanti adalah, memastikan tahapan pencoblosan berjalan dengan baik, jika ada kendala dilapangan yang dilaporkan oleh reporter atau kontributor, maka narasumber yang terkait dengan masalah tersebut akan kita hubungi untuk diberi kesempatan memberikan penjelasan. Begitu juga dengan stabilitas keamanan, hal ini akan kita konfirmasi ke aparat keamanan baik TNI atau Polri,” jelas Haris.

“Sedangkan di sesi kedua yaitu saat penghitungan suara, kita akan hadirkan informasi terkini dengan laporan langsung dari sejumlah daerah di Provinsi Kalbar oleh para reporter dan kontributor RRI. Untuk narasumber yang akan kita hadirkan atau konfirmasi nantinya, adalah dari Bawaslu dan para tokoh masyarakat, harapannya agar bisa mendinginkan suasana dan mengedukasi masyarakat untuk menerima apapun hasil Pemilu 2024,” jelasnya.

Sesuai dengan komitmen RRI sebagai Radio Pemilu dan tugas fungsinya selaku lembaga penyiaran publik, siaran khusus ‘Indonesia Memilih’ akan berlangsung melalui radio streaming, RRI Digital, kanal youtube, KBRN untuk berita online dan media sosial resmi RRI Pontianak, Sintang dan Entikong.

Sementara untuk menjangkau pendengar dari berbagai segmentasi, siaran khusus Pemilu ‘Indonesia Memilih’ ini akan berlangsung di Programa 1, Programa 2 dan Programa 4.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS