Profil Hadi Tjahjanto: dari Anak Penjual Rujak hingga Menko Polhukam

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto. (Ist)

Jakarta (Suara Kalbar)- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), menggantikan Mahfud MD.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Hadi Tjahjanto melansir dari Beritasatu.com, Rabu(21/2/2024).

1. Sang ibu penjual rujak
Di balik kesuksesan Hadi Tjahjanto, ternyata sang ibu merupakan penjual rujak cingur. Sementara ayahnya memiliki pangkat kopral dengan pangkat terakhir Sersan Mayor (Teknik).

2. Dikenal cerdas
Hadi juga dikenal cerdas semasa bersekolah di SMAN 1 Lawang, karena ia berhasil masuk jurusan IPA. Dia memilih jurusan ini untuk mempermudah kariernya sebagai penerbang di TNI AU.

3. Awal karier sebagai pilot
Setelah lulus dari Akademi Angkatan Udara (AAU) dan dilantik sebagai perwira TNI AU dengan pangkat Letda oleh Presiden Soeharto pada 20 September 1986, Hadi mengawali kariernya sebagai pilot TNI Angkatan Udara di Skadron Udara 4 Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Dia banyak menghabiskan waktunya di Skadron 4 Malang hingga menjabat Komandan Flight Ops “A” Flightlat Skadron Udara 32 Wing Udara 2. Pada 2010-2011, ia juga diberi tugas untuk menjabat Komandan Pangkalan Udara Adisumarmo, Solo, Jawa Tengah.

4. Punya jabatan di Basarnas
Karier Hadi tak berhenti sampai di situ, pada 2011-2013, Hadi menempati jabatan Direktur Operasi dan Latihan Badan SAR Nasional (Basarnas) dan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) pada 2013-2015.

5. Pernah jadi sekretaris militer presiden
Hadi juga sempat menjabat Sekretaris Militer Presiden Jokowi dari 2015 hingga 2016. Pangkatnya pun turut naik menjadi Marsekal Muda.

Kemudian, pada November 2016, Hadi dilantik menjadi Irjen Kementerian Pertahanan.

6. Dilantik jadi kepala staf Angkatan Udara
Pada 18 Januari 2017, Hadi terpilih menjadi kepala staf Angkatan Udara menggantikan Agus Supriatna.

7. Duduki kursi Panglima TNI
Selanjutnya pada 8 Desember 2017, Hadi berhasil menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI setelah dicalonkan oleh Jokowi. Dia mengemban jabatan ini hingga 2021.

Kursi Hadi sebagai Panglima TNI lalu dilanjutkan oleh Jenderal Andika Perkasa yang sebelumnya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

8. Jadi orang penting di gelaran MotoGP
Seusai pensiun, Hadi dipercaya jadi Komandan Lapangan persiapan Penyelenggaraan MotoGP Mandalika.

9. Ditunjuk sebagai menteri
Hadi kemudian mendapat kepercayaan oleh Jokowi, sehingga ia dilantik menjadi Menteri ATR/BPN pada 15 Juni 2022. Dia menggantikan Sofyan Djalil.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS