PPK di Sekadau Keliru Catat DPT, KPU Pastikan Tidak Merubah Hasil

Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 yang digelar di Gedung Penanjung Island, Rabu (28/2/2024).SUARAKALBAR.CO.ID/Wulan

Sekadau (Suara Kalbar)-Sejumlah kecamatan melakukan perbaikan jumlah DPT saat rekapitulasi. Ketua KPU pastikan tidak mempengaruhi hasil perhitungan suara.

Diketahui KPU Sekadau sedang melaksanakan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 yang digelar di Gedung Penanjung Island, Rabu (28/2/2024).

Pada rekapitulasi itu diketahui ada beberapa kecamatan yang memiliki perbedaan jumlah DPT. Menyikapi hal itu pihak KPU Kabupaten Sekadau langsung memperbaiki data tersebut.

Ketua KPU Sekadau, Fransiskus Khoman, mengatakan dalam rekapitulasi tingkat kabupaten/kota ini ada 7 kecamatan di Kabupaten melakukan rekapitulasi. Rekapitulasi dilakukan secara berjenjang, mulai dari rekapitulasi perolehan suara membacakan D hasil kecamatan PPWP, D hasil kecamatan DPR RI, DPD RI, DPR Provinsi dan DPR Kabupaten.

“Dalam proses pelaksanaannya kita memberikan ruang kepada para saksi dan Bawaslu jika masih terdapat hal-hal yang keliru bisa dilakukan perbaikan dengan segera. Terjadi kesalahan dalam penjumlahan (DPT) tetapi tidak mempengaruhi perolehan hasil atau suara. Tadi juga dilakukan perbaikan dengan segera yang disaksikan para saksi dan Bawaslu, bukan perubahan tapi kekeliruan dalam penulisan, ” jelas Ketua KPU Khoman.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sekadau, Marikun memastikan Bawaslu siap dan mengawasi setiap tahapan. Terkait perbedaan jumlah DPT, Marikun menjelaskan memang terdapat kekeliruan penulisan yang tidak sesuai dengan DPT yang ditetapkan oleh KPU.

“Kami dari Bawaslu langsung memberikan saran perbaikan terhadap KPU agar memperbaiki DPT yang telah ditulis oleh PPK karena pembetulannya di tingkat kabupaten, ” ujarnya.

Dia memastikan kekeliruan penulisan jumlah DPT tidak mempengaruhi jumlah DPT yang telah ditetapkan KPU, DPT tidak bertambah dan tidak berkurang.
“Kami harapkan rekapitulasi hari ini aman tertib dan nyaman untuk semua,” tandasnya.
IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS