Kalbar  

Pj Gubernur Kalbar bersama Forkopimda Tinjau Pelaksanaan Pemilu 2024

Penjabat Gubernur Kalimantan Barat Harisson bersama Forkopimda Kalbar saat mengendarai motor tinjau pelaksanaan Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/ HO.Adpim Kalbar.

Pontianak (Suara Kalbar)- Penjabat Gubernur Kalimantan Barat Harisson didampingi Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol. Pipit Rismanto dan Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen Iwan Setiawan, melaksanakan Monitoring Pelaksanaan dan Pengamanan Pemilu Tahun 2024.

Langkah ini merupakan wujud komitmen kuat pemerintah dalam menjaga situasi kondusif selama proses demokrasi berlangsung.

Kegiatan Monitoring Pengamanan Pemilu Tahun 2024 dimulai dari Mapolda Kalbar, dengan menggunakan Bus dan selanjutnya menggunakan Sepeda Motor untuk menjangkau Pelaksanaan Pemilu di Kelurahan Saigon Pontianak Timur. Rabu (14/2/2024).

Adapun dua TPS yang dikunjungi diantaranya TPS 055 Jalan Sungai Landak Timur, dan TPS 037 Jalan Padat Karya Kelurahan Saigon, Kecamatan Pontianak Timur.

Selain itu juga melakukan pemantauan Pemilu 2024 di Kalbar melalui Video Conference bersama Kapolda Kalbar memantau wilayah-wilayah tertentu di Kalbar.

“Kami bersama Pimpinan Forkopimda melakukan kunjungan melihat ke TPS-TPS di Kota Pontianak. Kita ingin memastikan bahwa Pelaksanaan Pemungutan Suara ini berlangsung Aman, dan Kondusif, serta tadi kita sudah melihat beberapa TPS yang sedang melakukan Pemungutan Suara,” katanya.

Kemudian, Kapolda Kalimantan Barat juga ingin memastikan bahwa Pelaksanaan Pemungutan Suara hari ini terlaksana dengan baik, aman dan tertib.

“Kami juga ingin memastikan personil-personil di lapangan mampu mengcover semua TPS yang ada, tidak boleh ada hambatan yang terjadi,” jelasnya.

Lebih lanjut Kapolda Kalbar menjelaskan bahwa setiap DPT diberikan kesempatan sampai dengan jam 12.00, serta jam 12.00 sampai jam 13.00 kesempatan untuk DPK.

“Dengan waktu ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, Seluruh aparat keamanan TNI/Polri bersiaga penuh sampai waktu perhitungan nantinya. Untuk TPS yang rawan, ada beberapa Personil yang ditugaskan untuk mengcover beberapa titik TPS, dan yang penting masing-masing TPS sudah ada Contacts Person dan nomor telepon apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi akan kita respon dengan cepat, sedangkan untuk TPS yang rawan tetap ada anggota yang menjaga disitu. Situasi Keamanan Kalimantan Barat sampai saat ini masih Aman dan Kondusif,” kata Kapolda Kalbar.

Selain itu, Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen Iwan Setiawan menjelaskan bahwa telah melakukan sinergitas bersama antara TNI, Polri dan Forkopimda.

“Wilayah tanggung jawab kami, kebetulan ada dua Provinsi yaitu Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Selain monitor seluruh wilayah juga melakukan inspeksi di lapangan untuk meyakinkan bagaimana pelaksanaan pesta demokrasi ini berjalan lancar, aman dan tentram. Terima kasih atas doa dari semuanya, kita akan ikuti terus perkembangan supaya berjalan lancar, aman dan terkendali karena Pemilu ini adalah pesta rakyat,” katanya.

Kegiatan Monitoring Pengamanan Pemilu Tahun 2024 juga turut dihadiri oleh Penjabat Walikota Pontianak Ani Sofian dan Bupati Kubu Raya Muda Mahendra beserta jajarannya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS