Kunjungi Singkawang, Menteri Sandiaga Uno Apresiasi Pariwisata Kalbar

Menteri Sandiaga saat menutup Rapat Koordinasi Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemasaran Pariwisata di Kota Singkawang, Sabtu (24/2/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/HO.MC Singkawang.

Singkawang (Suarab Kalbar)- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno mengapresiasi perkembangan dunia pariwisata di Kalimantan Barat, karena dinilai memiliki pertumbuhan ekosistem pariwisata yang sangat positif.

Hal ini Menteri Sandiaga, saat menutup Rapat Koordinasi Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemasaran Pariwisata di Kota Singkawang, Sabtu (24/2/2024).

Menteri Sandiaga juga mengapresiasi Kalimantan Barat yang telah melaunching Kalender Event Pariwisata untuk tahun 2024.

“Selamat untuk Kalimantan Barat yang sudah melaunching Kalender eventnya. Kami akan terus upayakan promosi meningkatkan ekonomi kreatifnya. Ini merupakan wujud dukungan ekosistem parekraf terhadap ekonomi lokal,”katanya.

Ia mengatakan Rakornas Pemasaran Pariwisata dilaksanakan bersamaan dengan Festival Cap Go Meh Singkawang sehingga kedua event ini bisa menjadi magnet yang menarik bagi kedatangan wisatawan nusantara ke Kalimantan Barat.

Hal itu pula yang menjadi salah satu faktor terpilihnya Kota Singkawang sebagai lokasi Penutupan rakornas kali ini. Mengingat gelaran sebelumnya selalu diadakan di daerah-daerah yang sudah familiar seperti bali.

“Perkembangan pariwisata Kalbar terbukti juga dengan bisa masuk Top 10 Kharisma Event Nasional (KEN) melalui perayaan Cap Go Meh ini memang menjadi magnet yang luar biasa untuk kita rasakan,”jelasnya.

Terkait ekosistem, Sandiaga Uno menilai Kota Singkawang kedepan akan memiliki peluang besar dengan hadirnya kemudahan akses berupa bandara. Ia menegaskan, inovasi harus dapat terus dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah dari event pariwisata yang telah dimiliki.

“Nanti kedepannya bisa dibuat pre event dan post event sehingga kunjungan wisatawan bisa lebih lama. Kita juga akan gandeng pengusaha Singkawang untuk berkolaborasi, karena target kita kedepannya Rp1,25 – Rp1,5 miliar untuk pergerakan wisatawan nusantara, 14,3 juta untuk wisatawan mancanegara dan menghasilkan nilai tambah ekonomi kreatif sebesar Rp1.300 triliun,” jelasnya.

Ia berharap Rakornas ini selalu menjadi kolaborasi bersama dan dapat membuat sebuah terobosan agar parekraf Indonesia menjadi lebih optimal.

“Rakornas ini berhasil karena kolaborasi kita bersama antara Kemenparekraf, Kemenkomarves, Pemerintah Provinsi Kalbar, Pemerintah Kota Singkawang, Bank Indonesia, serta dunia usaha. Mari kita terus menginspirasi dan memotivasi agar parekraf kita lebih optimal,” ujarnya.

Di akhir acara dilakukan penyerahan Kalender Of Event dari PJ Gubernur Kalbar kepada Menparekraf yang dilanjutkan dengan serah terima penyelenggaraan Rakornas dari Kadisporapar Provinsi Kalbar kepada Disporapar Provinsi NTB sebagai Tuan Rumah selanjutnya pada bulan Juli mendatang.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS