CEK FAKTA: Beredarnya Foto Amplop Merah Lambang PDI-P dengan Isi Rp.300.000 di Medsos

Foto amplop berwarna merah bergambar lambang PDI-Perjuangan yang beredar di media sosial. SUARAKALBAR.CO.ID/Int

Suara Kalbar– Beredar foto amplop berwarna merah bergambar lambang PDI-Perjuangan dengan isi uang Rp.300.000, di media sosial Facebook yang diunggah oleh akun bernama Raflesia Arnoldy. Postingan itu diunggah dengan narasi “Ambil Uangnya.. Coblos 02..😂😂✌✌” pada Selasa (13/2/2024).

Penelusuran

Setelah dilakukan penelusuran diketahui gambar amplop tersebut sudah pernah masuk dalam Artikel di tvonenews.com yang sudah tayang pada hari Kamis, 6 April 2023 – 12:58 WIB. Judul Artikel : Pemberian Amplop Uang Berlogo PDIP Disebut Tidak Melanggar Pidana, Tapi Mirip Muatan Kampanye.

Pada artikel tersebut dijelaskan bahwa pemberian amplop uang berlogo PDIP, dikatakan Said Abdullah sebagai Ketua Badan Anggaran DPR RI dan Plt. Ketua DPD PDIP Jawa Timur, sebagai zakat. Jumlah uang di dalam amplop itu diketahui sebesar Rp300 ribu. Pada amplop itu terdapat dua nama kader PDIP, yaitu Achmad Fauzi sebagai Ketua DPC PDIP Sumenep 2019-2024 dan Bupati Sumenep Madura 2021-2024.

Said membantah melakukan praktik politik uang. Dia mengaku sedang membagikan zakat mal. “Saya bersama para pengurus cabang PDIP se-Madura memang rutin membagikan sembako dan uang kepada warga fakir miskin. Uang itu saya niatkan sebagai zakat mal,” ujar Said dalam keterangan tertulis, Senin (26/3/2023) lalu.

Kesimpulan

Postingan yang beredar di media sosial Facebook merupakan Konten Menyesatkan.

Rujukan:

https://www.tvonenews.com/berita/nasional/112874-pemberian-amplop-uang-berlogo-pdip-disebut-tidak-melanggar-pidana-tapi-mirip-muatan-kampanyeOleh

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS