Bawaslu Sekadau Imbau Pendistribusian C-Pemberitahuan Langsung Kepada Pemilih

Ketua Bawaslu Kabupaten Sekadau, Marikun.SUARAKALBAR.CO.ID/Ist

Sekadau (Suara Kalbar) – Bawaslu Kabupaten Sekadau, sebut KPPS wajib mendistribusikan C-Pemberitahuan kepada masyarakat sebelum hari H pemungutan suara. Agar masyarakat tahu bahwa di tanggal 14 Februari ada pemilihan Presiden-Wakil Presiden, DPD RI, DPR-RI, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Selain menyampaikan C-Pemberitahuan secara langsung kepada pemilih, Bawaslu berharap proses tersebut juga bisa sekaligus menjadi ajang sosialisasi penyelenggara pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

“Bawaslu sifatnya mengawasi, jadi untuk C-Pemberitahuan yang mana didistribusikan oleh KPPS kepada pemilih. Kalau misalkan tidak terdistribusi karena tidak bertemu dengan yang bersangkutan maka boleh didistribusikan kepada orang dekat atau keluarga dekat sesuai dengan peraturan keputusan KPU nomor 66, ” kata Ketua Bawaslu Sekadau, Marikun.

Dijelaskan Marikun, jika misalkan sampai tiga hari C-Pemberitahuan tidak didistribusikan, pemilih yang bersangkutan bisa langsung menghubungi ketua KPPS atau anggota KPPS. Sedangkan untuk penyelenggara pemilu bila nantinya sampai satu hari sebelum hari H atau tanggal 13 Februari, jika masih ada C-Pemberitahuan yang tidak terdistribusi maka harus direkap.

“Kalau nanti terjadi penyimpangan tidak sesuai prosedur maka itu terjadi pelanggaran, jadi saya pikir semua penyelenggara KPU bisa mengikuti peraturan yang ada. Kami sudah menyampaikan kepada PTPS melalui Panwascam dan PKD agar mengawasi semua proses yang telah dilakukan oleh KPPS di tingkat yang paling bawah,” tandas Marikun.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS