Syamsul Rizal Tekankan Agar Pengelolaan Pendidikan di Bengkayang Semakin Baik

Wakil Bupati Bengkayang Drs.H.Syamsul Rizal Pimpin Upacara Awal Masuk Sekolah Semester II di Halaman SMAN 1 Bengkayang Senin (8/1/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/NADI 

Bengkayang (Suara Kalbar) – Wakil Bupati Bengkayang Syamsul Rizal memimpin upacara masuk sekolah serentak semester II tahun ajaran 2023/2024 pada jenjang SD, SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Bengkayang, Kalbar, Senin (8/1/2024)

Upacara tersebut dilaksanakan di halaman SMA Negeri 1 Bengkayang dan diikuti oleh Kepala Sekolah beserta para guru dan murid SMA Negeri 1 Bengkayang.

Wakil Bupati Bengkayang Syamsul Rizal menyampaikan selamat hari raya natal 2023 dan menyambut tahun baru 2024 kepada seluruh murid dan para guru, baik atas nama pribadi maupun Pemerintah Kabupaten Bengkayang.

“Semoga berkat damai dan kasih Natal selalu menyertai kita semua serta pada tahun 2024 ini segala kebaikan kebahagiaan kesehatan dan kesuksesan selalu dianugerahkan Tuhan kepada kita semua,” ujarnya.

Syamsul Rizal mengatakan bahwa pada tahun 2023 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang telah memperoleh piagam penghargaan atas keberhasilan pengelolaan pendidikan dari Balai Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat.
Adapun beberapa keberhasilan tersebut antara lain 100 persen satuan pendidikan jenjang SD telah melakukan sinkronisasi dengan data pokok pendidikan atau dapodik.
Begitu juga satuan pendidikan jenjang SMP telah melakukan sinkronisasi data pokok pendidikan dapodik 100 persen

Selain itu, satuan pendidikan jenjang SD penerima dana bantuan operasional satuan pendidikan (BOSP) reguler menggunakan aplikasi arkas versi 4 tahun 2024 juga 100 persen.

Selanjutnya satuan pendidikan telah mengikuti asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) dan survei lingkungan belajar jenjang SMP tahun 2023 juga capaiannya 100 persen.

Dikatakan Syamsul, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang merupakan peringkat ke-3 persentase satuan pendidikan yang telah melakukan aksi nyata transisi PAUD ke SD yang menyenangkan untuk jenjang PAUD tahun 2023 dengan capaian 30,88 persen.

“Oleh karena itu pada kesempatan ini, atas nama pemerintahan Kabupaten Bengkayang saya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada kita semua atas pencapaian prestasi ini,” ucapnya.

Ia meminta agar pengelolaan pendidikan semakin lebih baik maka perlu di lakukan beberapa hal yaitu:
1. Satuan pendidikan wajib membuat program kerja dan anggaran sekolah dengan mengacu pada laporan pendidikan.
2. Laksanakan transformasi pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah untuk pencapaian tujuan dan sasaran kinerja pada satuan pendidikan sesuai dengan peraturan direktur jenderal guru dan tenaga pendidikan nomor 7607/B.B1/HK.03/2023 tentang petunjuk teknis pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah.
3. Sekolah yang sudah mendapat bantuan chromebook wajib memanfaatkannya untuk proses pembelajaran.
4. Untuk meningkatkan kompetensi dan inovasi dalam pembelajaran guru dan semua warga sekolah wajib memanfaatkan Platform Merdeka Pengajaran (PMM)
5. Sekolah wajib mempersiapkan dengan baik pelaksanaan penerimaan peserta didik baru baik secara offline maupun online berdasarkan regulasi yang berlaku.
6. Mari kita bersama menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif kebhinekaan dan aman bagi semua dengan tetap melakukan penjajakan dan penanganan kekerasan di lingkungan sekolah berdasarkan peraturan Menteri pendidikan Kebudayaan Ristek dan Teknologi.
7. Mengingat tahun 2024 merupakan tahun penyelenggaraan peserta demokrasi baik pemilu legislatif maupun pemilihan presiden dan wakil presiden maka kami tegaskan kepada seluruh kepala sekolah guru dan tenaga pendidikan baik yang PNS maupun P3K agar menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis.

“Jadi, mari bersama-sama terus kita tingkatkan indeks pembangunan manusia IPM Kabupaten Bengkayang melalui kolaborasi Bangga Sekolahku dengan kearifan lokal untuk sumber daya manusia (SDM) unggul dan berintegritas dalam kurikulum merdeka untuk menciptakan SDM unggul Bengkayang MANTAP,” pungkasnya
IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS