Natal Bersama Hikayo Tingkatkan Kekeluargaan Suku Dayak Kanayatn di Sintang

Syukuran Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Hikayo Sintang di Gedung Olah Raga Apang Semangai Sintang, Sabtu (20/1/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Kominfo Sintang. 

Sintang (Suara Kalbar)-Perkumpulan Pakomoant Keluarga Samang Layo atau Hikayo Kabupaten Sintang melaksanakan syukuran Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Gedung Olah Raga Apang Semangai Sintang, Sabtu (20/1/2024).

Ketua Hikayo Kabupaten Sintang, Yohanes menyampaikan perkumpulan itu mulai berdiri sekitar tahun 1985, yang artinya orang sub suku Dayak Kanayatn sudah ada di Kabupaten Sintang sejak 40 tahun lalu.

Dengan begitu, Yohanes menyebut pihaknya akan mulai merencanakan sekretariat yang memadai dan permanen yang juga bisa dijadikan rumah singgah bagi anggotanya.

“Kami akan menyusun roadmap pengembangan organisasi Hikayo ke depan. Akta notaris sudah ada, SK Kemenkumham sudah, daftar di Badan Kesbangpol sudah. Kami juga akan mengadakan sensus warga Hikayo, datanya lebih detail dan valid. Sekarangkan masih katanya 3 ribuan orang, tetapi datanya belum ada, ” ujar Yohanes

Sementara itu, Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM. Cap tokoh Hikayo Sintang berpesan agar perayaan natal warga Hikayo tidak hanya ungkapan kebudayaan Kristiani dan kultural saja. Tetapi merupakan ungkapan dan penghayatan keimanan sebagai anak-anak Tuhan sehingga natal memiliki nilai.

Senada, Nicodemus Acen tokoh masyarakat Hikayo menyampaikan warga Hikayo Sintang disatukan karena sesama perantau di Sintang yang berasal dari sub suku Dayak Kanayatn. Maka warga Hikayo harus tetap kompak sehingga kuat dan jaya.

Pada acara tersebut ditampilkan tarian jongggan, tarian natal oleh anak-anak Hikayo dan vocal group oleh bapak-bapak Hikayo. Kegiatan juga diawali dengan ibadat yang dipimpin oleh Pdt. Yoseph. Selain itu diserahkan juga tali kasih kepada 15 warga Hikayo yang berstatus janda hingga lansia.

Hadir pada syukuran tersebut Bupati Sintang H. Jarot Winarno, Wakil Bupati Sintang Melkianus, Uskup Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM. Cap, Pdt. Yoseph, dan ratusan warga Kabupaten Sintang yang berasal dari Sub Suku Dayak Kanayatn yang tergabung dalam Hikayo Kabupaten Sintang

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS