KPU Sekadau Gaet Pemilih Pemula Lewat Cerdas Cermat dan Nobar Film Terkait Pemilu

Ketua KPU Sekadau, Fransiskus Khoman. SUARAKALBAR.CO.ID/Wulan

Sekadau (Suara Kalbar) – Ketua KPU Sekadau, Fransiskus Khoman sebut beragam sosialisasi dilakukan KPU guna menjangkau pemilih pemula di Kabupaten Sekadau, Kalbar, Kamis (4/1/2024).

Dikatakan Khoman, salah satu upaya untuk menggaet pemilihan pemula, adalah dengan melaksanakan sosialisasi dalam bentuk kegiatan cerdas cermat tingkat SMA, terkait Kepemiluan.

Cerdas cermat itu dilaksanakan dengan melibatkan seluruh kecamatan di Kabupaten Sekadau yang dibagi menjadi tiga zona pelaku. Zona RTM (Rawak, Taman, Mahap) cerdas cermat dilaksanakan di Kecamatan Nanga Taman. Zona tiga Belitang, cerdas cermat dilaksanakan di Kecamatan Belitang Hilir. Sementara di Sekadau Hilir dilaksanakan di SMKN 1 Sekadau.

“Kita libatkan siswa-siswi SMA yang sudah menggunakan hak pilihnya, agar pemahaman kepemiluan mereka berkembang dan sejauh ini setelah kita lakukan kegiatan cerdas cermat, tingkat pengetahuan mereka terhadap pemilu ini semakin berkembang, mereka tahu betapa pentingnya pemilu,” kata Khoman.

Beragam bentuk sosialisasi lainnya dengan nonton bareng film Kejarlah Mimpi di lingkungan kampus dan di Pesantren, di mana film Kejarlah Mimpi juga berkaitan dengan Kepemiluan.

“Kita juga beberapa kali ke sekolah memberikan edukasi kepada pemilih pemula bagaimana berdemokrasi dengan baik. Contoh dalam pemilihan ketua OSIS kita memberikan pemahaman tentang demokrasi yang disandingkan dengan pemilu 2024 ini. Respon mereka terhadap kepemiluan sangat baik, kita terbantu juga karena banyak pemilih pemula yang tau tentang pemilu lewat media sosial, ” tandas Khoman.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS