CEK FAKTA: Ban Mobil Presiden Joko Widodo Bocor di Jalan

Tangkapan layar postingan di media sosial yang menyebut ban mobil Presiden Joko Widodo bocor. SUARAKALBAR.CO.ID/Int

Suara Kalbar– Ramai beredar di media sosial postingan yang menyebut ban mobil yang ditumpangi Presiden Jokowi bocor di jalan.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 27 Januari 2024. Dalam postingannya terdapat video dengan judul “Kok bisa ya??? Mobil Kepresidenan Mengalami Pecah Ban”

Akun tersebut juga menambahkan narasi:”TONDO TONDO ALAM Ban mobil Jokowi BOCOR Udara merembes KELUAR krn TEKANAN Ban KEMPES dan kehilangan KEKUATAN dan kl dipaksa laju, mobil bs KECELAKAAN yg BS merenggut nyawa Paspampres sibuk NGURUS mobil ketimbang mengamankan jokowi Pemilik rumah yg pasang spanduk warna BIRU hanya bs diam menonton Jokowi terlihat jalan ke arah yg lebih PANAS Tak seorang pun yg MEMAYUNGIYA”

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran terdapat penjelasan dalam artikel Liputan6.com. Dimana Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menanggapi soal video viral mobil Kepresidenan diduga mengalami kebocoran ban saat kunjungan kerja di Jawa Tengah. Dia membantah mobil Kepresidenan yang ditumpangi Presiden Jokowi ini bannya bocor.

“Saya sudah cek ke Setpres dan Setmil bahwa peristiwa yang terekam di video itu bukan sedang ganti ban mobil Kepresidenan yang disebutkan bocor,” kata Ari kepada wartawan, Kamis (25/1/2024).

Dia menjelaskan anggota pasukan pengamanan presiden (Paspampres) tengah mengambil kaos untuk dibagikan ke masyarakat. Kaos itu berada di mobil dan diambil melalui pintu supir.

Ari menyampaikan Paspampres berjongkok untuk menghormati Ibu Negara Iriana yang ada di dalam mobil. Sementara itu, kata dia, Jokowi turun dari mobil bukan menunggu perbaikan ban bocor.

“Saat itu Bapak Presiden sedang turun untuk mengukur lebar jalan IJD bersama Menteri PUPR di sepanjang route Sragen (Gemolong) – Grobogan – Blora,” jelas Ari.

KESIMPULAN

Postingan yang menyebut ban mobil yang ditumpangi Presiden Jokowi bocor di jalan telah diklarifikasi pihak Istana.

Rujukan

https://www.liputan6.com/news/read/5513330/viral-video-ban-mobil-jokowi-bocor-saat-kunjungan-ke-jateng-ini-penjelasan-istana?page=2

https://cekfakta.com/focus/15551

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS