Edukasi di Desa Sungai Rasau, Bupati Mempawah Erlina Ungkap Faktor Penyebab Stunting

Pj Ketua PKK Kalbar Windi Prihastari Harisson, Bupati Mempawah Erlina, kader posyandu dan masyarakat foto bersama usai kegiatan Gerakan Pencegahan Stunting di Posyandu Shinta, Desa Sungai Rasau, Kecamatan Sungai Pinyuh, Minggu (28/1/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Diskominfo Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Bupati Mempawah Erlina mengungkapkan penurunan angka stunting merupakan tanggung jawab bersama, baik pemerintah, organisasi profesi, swasta hingga masyarakat.

Sejumlah faktor penyebab kejadian stunting adalah ibu hamil kurang energi kronis serta bayi dengan berat badan lahir rendah.

“Karena itu, kita semua harus bekerja keras agar target penurunan stunting sebesar 14 persen di tahun 2024 ini dapat terwujud,” ungkap Erlina ketika menghadiri Gerakan Pencegahan Stunting di Posyandu Shinta, Desa Sungai Rasau, Kecamatan Sungai Pinyuh, Minggu (28/1/2024).

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Pemkab Mempawah dengan Tim Penggerak PKK Kalbar dan Organisasi Fokorpimda Kalbar.

Dijelaskan Erlina lagi, stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada balita akibat kurang gizi dalam jangka waktu lama, paparan infeksi berulang dan kurang stimulasi.

Stunting dipengaruhi oleh status kesehatan remaja, ibu hamil, pola makan balita, ekonomi, budaya maupun faktor lingkungan seperti sanitasi dan akses terhadap layanan kesehatan.

“Adanya gerakan pencegahan stunting di posyandu ini tentu wajib kita dukung. Sebab posyandu merupakan wadah terdepan yang strategis dalam upaya promotif dan preventif untuk penurunan stunting,” tegasnya.

Karena itu, Erlina berharap seluruh posyandu mampu mengambil peran membantu pemerintah dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Sekali lagi, penurunan angka stunting bukan semata tanggung jawab pemerintah saja, melainkan butuh dukungan bersama dari seluruh lapisan masyarakat, organisasi profesi, pihak swasta dan lainnya,” imbuh dia.

Turut hadir, Pj Gubernur Kalbar Harisson, Pj. Ketua TP PKK Kalbar Windi Prihastari Harisson, Kadis Kesehatan Kalbar, Sekda Mempawah Ismail, pimpinan OPD Mempawah, Camat dan Forkorpimcam, pemerintah desa, hingga para kader posyandu.

Dalam momen itu pula, Bupati Mempawah Erlina turut meluncurkan Program Bedah Rumah dan penyerahan Bansos Inflasi kepada masyarakat.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS