Banjir Meluas di Sanggau, 12 Kecamatan Terdampak

Tinggi Muka Air Sungai Kapuas di Kabupaten Sanggau, TMA pada angka 10 meter pada Kamis (18/1/2024) pukul 16.00 WIB. SUARAKALBAR.CO.ID/Darmansyah.

Sanggau (Suara Kalbar) – Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau saat ini 12 kecamatan di Kabupaten Sanggau terdampak banjir sehingga Bupati Sanggau telah menetapkan status siaga darurat bencana penanganan banjir.

“Kami dari BPBD Kabupaten Sanggau menginformasikan terkait dengan bencana banjir hingga hari ini sudah ada 12 Kecamatan yang terdampak banjir. Berdasarkan kejadian itu, maka Bupati Sanggau telah menetapkan status siaga darurat bencana penanganan banjir, angin puting beliung dan tanah longsor (Batingsor),” ujar Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau Budi Darmawan, Kamis (18/1/2024).

Dikatakan Budi, dengan dikeluarkannya keputusan bupati tertanggal 8 Januari 2024 tentang penetapan status siaga darurat penanganan Batingsor ini telah melalui kajian secara teknis berdasarkan usulan dari BPBD Kabupaten Sanggau.

“Jadi, dasar ditetapkan status siaga darurat penanganan Batingsor ini karena melihat kondisi yang reel di lapangan dan berdasarkan perkiraan BMKG juga. Untuk perkiraan BMKG di bulan Januari dan Februari 2024, intensitas cuaca ekstrim ini masih terjadi,” jelasnya.

Penetapan status siaga darurat ini sambung Budi, ditindaklanjuti dengan surat edaran yang isinya adalah mengimbau kepada masyarakat agar melakukan langkah-langkah preventif penanganan awal.

“Surat edaran ini untuk semua stakeholder dan masyarakat. Mari kita bersama-sama melakukan langkah-langkah strategis penanganan awal terjadinya bencana Batingsor,” jelasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS