Pemerintah Resmikan 10 Gedung Sekolah Dasar Negeri di Kapuas Hulu

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan meresmikan 10 gedung SDN merah putih, yang dipusatkan di Desa Seneban Kecamatan Seberuang, wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. ANTARA

Kapuas Hulu (Suara Kalbar)- Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan 10 gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Pembangunan ini sebagai bentuk perhatian pemerintah pusat terhadap pendidikan di daerah tersebut.

Fransiskus Diaan menyatakan rasa terima kasihnya atas perhatian pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR. Sejak tahun 2021 hingga 2023, telah dibangun 22 gedung sekolah merah putih di Kapuas Hulu, membuktikan komitmen pemerintah dalam mendukung sektor pendidikan di daerah.

“Sejak tahun 2021 sampai dengan 2023 sudah 22 unit gedung sekolah merah putih yang dibangun oleh Kementerian PUPR, tentu kami di daerah sangat berterima kasih atas perhatian pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR,” kata Fransiskus Diaan, melansir dari ANTARA, Senin(11/12/2023).

Disampaikan Fransiskus, pembangunan gedung SDN merah putih di Kapuas Hulu merupakan suatu bentuk perhatian dan komitmen pemerintah pusat atas kebutuhan masyarakat Kapuas Hulu di bidang pendidikan yang dibangun melalui APBN Kementerian PUPR.

Oleh karena itu, Kapuas Hulu harus dapat berkontribusi secara nyata dalam pengembangan dan peningkatan prestasi dunia pendidikan baik untuk tingkat kabupaten, provinsi, nasional bahkan internasional.

Fransiskus menjelaskan pada tahun 2021 sampai dengan 2022 ada 7 (tujuh) unit gedung sekolah merah putih yang dibangun, pada 2022 sampai dengan 2023 terdapat 10 unit.

Kemudian, pada tahun 2023 sampai dengan 2024 ada 5 (lima) unit. Sedangkan untuk tahun 2024 ada 7 (tujuh) lokasi yang sedang disurvei.

“Mudah-mudahan tahun 2024 nanti memenuhi ketentuan dan bisa dibangun kembali oleh Kementerian PUPR,” katanya.

Fransiskus mengatakan pembangunan gedung SDN merah putih itu atas usulan pemerintah daerah yang juga dikawal oleh Ketua Komisi V DPR sehingga gedung tersebut saat ini sudah bisa digunakan.

Ada pun 10 gedung SDN merah putih yang baru saja diresmikan yaitu SDN 06 Seneban Kecamatan Seberuang, SDN 12 Nanga Manday Kecamatan Bika, SDN 17 Kensurai Kalis, SDN 02 Benua Martinus Kecamatan Embaloh Hulu, SDN 07 Sei Tekuyung Kecamatan Mentebah, SDN 04 Riam Tapang Kecamatan Silat Hulu, SDN 10 Miau Merah, SDN 14UPT II Silat, SDN 11 Setunggul dan SDN 20 Sungai Putat Kecamatan Silat Hilir.

Fransiskus meminta kepada pihak sekolah untuk menjaga dan merawat gedung tersebut agar dapat dipakai dalam jangka panjang.

Selain itu, kepada peserta didik diharapkan menjadi motivasi untuk terus belajar yang giat mengukir prestasi yang tentunya harus didukung juga oleh orang tua dan lingkungan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu Petrus Kusnadi menyampaikan apresiasi atas dukungan Bupati Kapuas Hulu dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan melalui perhatian pemerintah pusat.

Dia mengatakan dengan adanya gedung SDN merah putih itu dapat dijadikan sebagai motivasi terutama bagi satuan pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kapuas Hulu.

Petrus juga berpesan agar gedung sekolah itu dapat dimanfaatkan dan dirawat sebagaimana mestinya dalam rangka memajukan dunia pendidikan.

“Kami terus mendorong para tenaga pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan serta meminta dukungan semua pihak terlebih lagi orang tua sehingga kualitas pendidikan kita semakin lebih baik, karena untuk memajukan pendidikan merupakan tanggungjawab kita semua,” katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS