Opini  

Hidup Kita adalah Sebuah Misteri

Bayu

Oleh: Bayu, M.Pd

Apapun yang kita lakukan saat ini, pada akhirnya semua itu akan menjadi sebuah kenangan. Jadikan itu semua sebagai alasan kita untuk selalu bersyukur. Lakukanlah yang terbaik agar jalan cerita hidup kita seperti yang kita semua harapkan, yaitu cerita yang bahagia dan happy ending.

Buatlah rencana mengenai apa yang ingin kita capai. Jika sudah menentukannya, maka selanjutnya buatlah rencana mengenai cara meraih tujuan tersebut.

Karena orang dikatakan berhasil dalam menjalani kehidupan apabila dia mampu menunjukan adanya perkembangan yang lebih baik dari sebelumnya.

Maka dari itu, tetaplah berbuat baik serta tetaplah berkreasi untuk memberi manfaat kepada kehidupan ini termasuk pada orang-orang di sekitar kita.

Selanjutnya tanamkan pada diri kita untuk tidak takut memiliki mimpi yang tinggi. Meskipun akan merasa kesulitan dalam meraihnya, percayalah saat kita terjatuh akan ada pelajaran indah dan manis yang bisa kita petik.

Setelah kita mendapatkan sebuah pembelajaran, maka dari situ kita harus bisa menentukan arah dan tujuan, jangan berhenti berusaha dan berkorban supaya kita bisa sampai di sana. Dengan begitu, kita akan memiliki motivasi untuk meraihnya dengan cara terus belajar.

Dalam menjalani hal tersebut pasti kadang merasa jenuh, stres, juga kesusahan memahami pelajaran dalam menjalani kehidupan. Namun, apabila kamu bersungguh-sungguh dalam menjalaninya, percayalah kelak kita akan memetik manisnya hasil jerih payah yang telah kita jalani.

*Penulis adalah Dosen IAIS Sambas

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Penulis: Layli/rEditor: Kundori