Wakil Wako Pontianak Bahasan Ajak Warganya Rutin Cek Kesehatan Pakai Program JKN

Bahasan Ajak Warganya Rutin Cek Kesehatan Pakai Program JKN. SUARAKALBAR.CO.ID/ist

Pontianak (Suara Kalbar) -Ratusan masyarakat Pontianak Provinsi Kalimantan Barat mengikuti sosialisasi Program JKN. Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kantor Camat Pontianak Tenggara pada Kamis (23/11) ini dihadiri langsung oleh jajaran pemerintah Kota Pontianak yaitu Walikota Pontianak, Wakil Walikota Pontianak, Kepala Dinas Sosial Kota Pontianak. Dalam kegiatan ini hadir pula Desvita Yanni selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak untuk memberikan sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Pada kesempatan tersebut Walikota dan Wakil Walikota Pontianak juga berkesempatan menyerahkan secara simbolis kartu JKN kepada warganya yang berhak mendapatkan perlindungan kesehatan menggunakan anggaran pemerintah Kota Pontianak. Bahasan selaku Wakil Walikota Pontianak mengajak warga Pontianak agar tidak ragu memeriksakan kesehatannya ke fasilitas kesehatan atau puskesmas terdekat. Ia mengatakan jangan tunggu sakit parah baru mengunjungi fasilitas kesehatan.

“Tahun 2023 Pemerintah Kota Pontianak sudah melindungi lebih dari 52 ribu warganya untuk didaftar menjadi peserta JKN. Kepesertaan ini agar dimanfaatkan dengan baik dan bijak, periksalah kesehatan secara rutin minimal 2 kali dalam setahun. Jika kita mengetahui penyakit lebih awal tentu pengobatannya akan lebih mudah, sebaliknya jika sudah parah akan panjang pula pengobatannya. Apalagi sekarang pakai JKN sudah semakin mudah tak perlu bawa kartu cukup tunjukan NIK saja melalui Kartu Keluaga ataupun KTP,” tutur Bahasan.

Selain penyerahan secara simbolis Kartu JKN oleh jajaran Pemerintah Kota Pontianak, pada kesempatan ini juga dilaksanakan sosialisasi oleh BPJS Kesehatan kepada masyarakat yang hadir. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak Desvita Yanni mengajak warga memahami alur layanan ketika berobat menggunakan JKN. Desvita juga menghimbau jika ada warga yang mengalami kendala dalam proses mengakses layanan kesehatan jangan ragu untuk mencari informasi pada petugas layanan informasi yang ada di rumah sakit, ataupun langsung ke BPJS Kesehatan.

“Hal pertama yang harus diketahui peserta adalah keaktifan kepesertaannya, dimana peserta JKN dapat mengakses secara mandiri melalui Aplikasi Mobile JKN. Jika sudah tahu keaktifannya peserta harus tau dimana Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)nya terdaftar juga bisa diakses melalui Aplikasi Mobile JKN. Untuk memeriksakan kesehatan peserta jangan ragu untuk berkunjung ke FKTP yang sudah dipilih. Jika memerlukan layanan lebih lanjut, maka dokter di FKTP akan memberi rujukan ke Rumah Sakit, ”jelas Desvita.

Desvita juga menjelaskan untuk kondisi gawat darurat peserta JKN dapat langsung ke Rumah Sakit atau Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) tanpa harus ke FKTP terlebih dahulu. Adapun kriteria gawat darurat sesuai ketentuan adalah kondisi dimana mengancam nyawa, membahayakan diri dan orang lain/lingkungan, adanya gangguan pada jalan nafas, pernafasan dan sirkulasi, adanya penurunan kesadaran, adanya gangguan hemodinamik dan/atau memerlukan tindakan segera. Kondisi gawat darurat ini ditetapkan oleh Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP).

“Seperti asuransi kesehatan lainnya, layanan Program JKN berisi ketentuan tentang apa yang bisa ditanggung dan tidak ditanggung. Pada dasarnya semua penyakit berdasarkan indikasi medis dapat ditanggung oleh Program JKN. Semua informasi terkait Program JKN juga bisa diakses peserta melalui Aplikasi Mobile JKN. Dengan mengunduh Aplikasi Mobile JKN peserta dapat mengakses beragam layanan tanpa harus ke kantor cabang, semua dapat diakses cukup dalam genggaman,” jelas Desvita.

Selain informasi Program JKN, Aplikasi Mobile JKN juga menyediakan beragam fitur antara lain info riwayat pelayanan, penambahan peserta, info peserta, pendaftaran layanan (Antrean Online), konsultasi dokter, perubahan data peserta, informasi ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, info iuran, pendaftaran auto debet, info riwayat pembayaran, skrining riwayat kesehatan, info virtual account. Segera download Aplikasi Mobile JKN di Playstore maupun Appstore untuk dapatkan berbagai kemudahan layanan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS