Satgas Pamtas RI-Malaysia Bantu Jadi Guru, Didik Anak-anak Perbatasan

Ajarkan Bela Negara, Personil Pos Kantuk Asam Satgas Pamtas Yon Armed 10/Bradjamusti berikan Wawasan kebangsaan di sekolah perbatasan.[SUARAKALBAR.CO.ID/HO-Satgas Pamtas RI]
Kapuas Hulu (Suara Kalbar)- Prajurit TNI dari Satuan Tugas Pengamanan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonarmed 10/Bradjamusti terlibat sebagai tenaga pendidik untuk membantu mengatasi kekurangan guru di Sekolah Dasar di Desa Kantuk Asam, Kabupaten Kapuas Hulu.

Mereka juga diberi pelatihan khusus untuk menjadi guru dan memberikan pendidikan kepada anak-anak di daerah perbatasan.Menurut Lettu Arm Arya Abdi Rekha, Komandan Pos Kantuk Asam, peran prajurit TNI di perbatasan tidak hanya melibatkan pengamanan kedaulatan negara, tetapi juga melibatkan berbagai kegiatan pembinaan masyarakat, termasuk bidang pendidikan.

Anak-anak pelajar di daerah perbatasan seringkali menghadapi keterbatasan sumber daya, dan prajurit TNI berusaha memberikan perhatian dan dukungan kepada mereka.

“Kami juga dilatih untuk menjadi seorang guru, sehingga dapat membantu kekurangan guru di daerah perbatasan” ujar Komandan Pos Kantuk Asam , Lettu Arm Arya Abdi Rekha.
Lettu Arm Arya Abdi Rekha juga mengatakan prajurit TNI di perbatasan tidak hanya bertugas menjaga kedaulatan NKRI, akan tetapi juga melaksanakan berbagai kegiatan teritorial pembinaan masyarakat di berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan.
Menurutnya, anak-anak pelajar di daerah perbatasan perlu mendapatkan perhatian, dengan segala keterbatasan.
“Demi membantu sekolah dasar di desa binaan Kantuk Asam yang kekurangan tenaga pendidik, Personel Pos Kantuk Asam yaitu Sertu Kadek beserta 2 orang lainnya berinteraksi dan memberikan reward kepada anak-anak sekolah Desa Kantuk Asam demi membantu sekolah tersebut untuk memberikan pelajaran, kewarganegaraan dan dasar Pancasila,”ujarnya.
“Kita harus selalu memberikan semangat kepada anak-anak sekolah di perbatasan walaupun dengan kondisi minim akan sarana dan prasarana dibandingkan sekolah diperkotaan,”tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS