Dinas Kominfo Sintang Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi OPD Se- Kabupaten Sintang

Agus Pujianto, jurnalisTribun Pontianak Biro Sintang yang memberikan materi tentang Humas Pemerintah Sebagai Wajah Birokrasi. (SUARAKALBAR.CO.ID/IST)

Sintang (Suara Kalbar)- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang laksanakan pelatihan Jurnalistik bagi Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang di Balai Ruai pada Rabu, (22/11/2023).

Pelatihan itu diikuti 60 orang staf dari berbagai OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang yang bertugas sebagai fotografer, admin akun media sosial dan pengelola website. Adapun narasumber dalam pelatihan itu di antaranya Agus Pujianto, Jurnalis Tribun Pontianak Biro Sintang yang memberikan materi tentang Humas Pemerintah Sebagai Wajah Birokrasi dan Syukur Saleh Kepala Bidang Komunikasi Publik pada Dinas Kominfo Kabupaten Sintang, menyampaikan materi tentang cara mudah membuat berita kegiatan OPD.

Paulinus, Plt Kepala Diskominfo Sintang menjelaskan bahwa Kabupaten Sintang sudah mendapatkan penghargaan dari Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat sebagai kabupaten yang informatif pada tahun 2022.

Tindak lanjut dari penghargaan itu, Dinas Kominfo Kabupaten Sintang ingin agar organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang bisa menyampaikan informasi tentang kegiatan dan program yang dilaksanakan kepada masyarakat melalui media massa dan media sosial secara aktif.

“Kami melaksanakan pelatihan ini, karena menyadari bahwa Kominfo Sintang tidak mampu meliput seluruh kegiatan OPD yang ada di lingkungan Pemkab Sintang. Kami juga melihat, belum maksimalnya publikasi kegiatan dan program di OPD, padahal sangat banyak kegiatan dan program yang seharusnya diketahui oleh masyarakat” terang Paulinus

Menurutnya saat ini masih banyak OPD yang belum memaksimalkan publikasi melalui media massa dan media sosial kepada masyarakat. Hal ini mendorong Diskominfo Sintang untuk melatih fotografer, admin media sosial dan pengelola website di setiap OPD untuk bisa menulis berita sederhana tentang kegiatan dan program yang dilaksanakan.

“Ilmu jurnalistik itu masuk rumpun ilmu sosial yang mudah dipelajari dan dipraktekan. yang diperlukan memang kemauan untuk belajar, mencobanya dan mengembangkan kemampuan jurnalistiknya. Saya berharap, setelah mengikuti pelatihan ini, publikasi kegiatan dan program yang ada di OPD di lingkungan Pemkab Sintang, akan semakin banyak dan masif,” lanjutnya.

Adapun keuntungan dari publikasi di media massa dan media sosial di antaranya, menunjukan kepada masyarakat bahwa pemerintah terbuka dan mau menyampaikan informasi yang ada. Menunjukan bahwa OPD di Pemkab Sintang aktif melakukan kegiatan dan program.

Menunjukan bahwa ASN di OPD Pemkab Sintang melek teknologi informasi dan mampu mengikuti tuntutan jaman yang serba cepat dan terbuka. Serta OPD di Pemkab Sintang ingin meninggalkan jejak digital yang positif di internet berupa berita kegiatan dan program.

“Tim Kominfo Sintang siap membantu jurnalis-jurnalis baru yang ada di OPD Pemkab Sintang dalam memproduksi berita yang layak muat di media massa” tandas Paulinus.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS