Bawaslu Ketapang Gelar Apel Siaga Kesiapan Pemilu Serentak 2024

Bawaslu Kabupaten Ketapang bakal menggelar apel siaga persiapan kampanye Pemilu serentak tahun 2024.[SUARAKALBAR.CO.ID/HO-Suaraketapang]

Ketapang (Suara Kalbar) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ketapang bakal menggelar apel siaga kesiapan menghadapi tahapan kampanye pada Pemilu serentak 2024.

Apel siaga yang melibatkan Bawaslu dari tingkat desa hingga kabupaten tersebut diagendakan bakal diselenggarakan di stadion Tentemak Ketapang pada pekan depan, Senin 20 November 2023. Satu hari sebelumnya Bawaslu Ketapang bakal menggelar gladi bersih.

“Apel siaga nanti melibatkan Bawaslu Ketapang berserta jajaran sekretariat, kemudian Panwaslu kecamatan se kabupaten, baik itu ketua, anggota dan kepala sekretariat hingga PKD (Panwaslu Kelurahan/desa,” papar Komisioner Bawaslu Devisi SDM, Organisasi dan Diklat, Jami Surahman, Selasa (14/11/2023).

Jami menuturkan, jajaran Bawaslu dari tingkat kabupaten hingga desa yang bakal mengikuti apel siaga tersebut berjumlah 262 orang. Tak hanya dari internal, apel itu juga akan diikuti unsur Forkopimda, SATPOL-PP, KPU, Dinas Pemuda dan Olahraga hingga Badan Kesbangpol Kabupaten Ketapang.

Menurut Jami, apel tersebut digelar guna memantapkan kesiapan seluruh unsur yang terlibat aktif dalam hal pengawasan tahapan kampanye Pemilu 2024.

“Apel siaga juga sebagai sarana publikasi, memberitakan kepada publik bahwa pelaksanaan kampanye sesuai tahapan Pemilu. Sehingga pengawas Pemilu mempersiapkan diri untuk mengawasi dengan mutu dan kualitas yang mumpuni,” jelasnya.

Dia menyebut, pelaksanaan apel dengan melibatkan seluruh PKD tentu menjadi wadah silaturrahmi. Terlebih pimpinan Bawaslu dan sebagian anggota sekarang belum pernah melakukan tatap muka secara langsung dengan petugas lapangan.

“Jadi inilah momen dan langkah awal memberikan pengarahan secara langsung kepada seluruh jajaran oleh Ketua Bawaslu. Seperti menyangkut integritas, dinamika lapangan maupun tugas pengawasan yang sesuai regulasi ataupun pijakan hukum pada proses pelaksanaan Pemilu,” sebutnya.

Bawaslu Ketapang berharap apel siaga kesiapan tahapan kampanye dapat berjalan lancar, kondusif dan mendapat legitimasi yang jelas dan utuh dari seluruh elemen masyarakat sampai pelaksanaan Pemilu selesai.

“Itu semua tentu bisa terwujud tidak lepas dari dukungan semua elemen masyarakat, khususnya petugas kemanan, baik TNI, Polri maupun Pol PP,” timpalnya.

Ia menambahkan, tahapan kampanye dilaksanakan mulai 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024. Karenanya Bawaslu secara berjenjang, mulai Bawaslu Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat akan melaksanakan apel siaga.

“Apel di Bawaslu Provinsi rencananya dilaksanakan pada 22 November 2023, sedangkan puncak apel akan digelar Bawaslu Republik Indonesia pada 24 sampai 26 November 2023 mendatang dengan melibatkan Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota,” pungkasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS