Aktivasi 131 Tower Bakti di Kapuas Hulu Dijadwalkan Desember 2023

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan. (ANTARA)

Kapuas Hulu (Suara Kalbar)- Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, mengumumkan bahwa 131 menara telekomunikasi atau tower Bakti dari Kementerian Komunikasi dan Informatika akan diaktifkan paling lambat pada Desember 2023.

Menara tersebut tersebar di 278 desa di 23 kecamatan Kabupaten Kapuas Hulu untuk mengatasi masalah ketidaktersediaan jaringan telekomunikasi dan internet yang menjadi keluhan masyarakat.

“Informasi dari kementerian, tower Bakti akan diaktifkan paling lambat pada akhir tahun ini,” kata Fransiskus Diaan, melansir dari ANTARA,Selasa(28/11/2023).

Disampaikan Fransiskus, sebanyak 131 tower Bakti itu tersebar di 278 desa di 23 kecamatan wilayah Kabupaten Kapuas Hulu untuk menjawab keluhan masyarakat terkait tidak adanya jaringan telekomunikasi dan internet.

Menurut dia, wilayah Kabupaten Kapuas Hulu yang cukup luas masih banyak desa daerah pedalaman bahkan di perbatasan Indonesia-Malaysia yang kesulitan mendapatkan jaringan telekomunikasi terlebih lagi internet yang saat ini merupakan suatu kebutuhan.

“Mudah-mudahan daerah blank spot selama ini nantinya bisa terkoneksi internet untuk mempermudah pelayanan informasi kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu Muhammad Yusuf berharap pelayanan jaringan internet dapat maksimal dalam rangka menghadapi Pemilu 2024.

“Beberapa kali terjadi gangguan layanan internet cukup berdampak terhadap tahapan Pemilu,sebab sekarang ini rata-rata tahapan menggunakan aplikasi,” katanya.

Oleh sebab itu, Yusuf meminta agar pihak terkait dapat memaksimalkan pelayanan jaringan internet di wilayah Kapuas Hulu.

Akibat gangguan jaringan internet pada Sabtu (18/11) juga berdampak terhadap pelaksanaan seleksi penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) serta pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) di sejumlah sekolah di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS