Polres Ketapang Ajak Pelajar Bijak Bermedia Sosial

Anggota Polres Ketapang memberikan sosialisasi terkait dampak kenakalan remaja di SMAN 03 Ketapang, wilayah Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Humas Polres Ketapang. ANTARA

Ketapang (Suara Kalbar)- Polres Ketapang mengadakan sosialisasi dan edukasi kepada para pelajar tentang pentingnya menggunakan media sosial secara bijak. Mereka ingin memastikan bahwa pelajar memahami konsekuensi negatif dari penggunaan media sosial yang tidak tepat, termasuk potensi pelanggaran terhadap Undang-Undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik).

Upaya ini dilakukan melalui program “polisi masuk sekolah” atau “police goes to school,” yang merupakan bagian dari bidang Humas Polres Ketapang. Polisi memberikan pemahaman kepada pelajar tentang dampak buruk yang dapat muncul akibat berbagai perilaku di media sosial, seperti penyebaran informasi palsu (hoax) dan perundungan (bullying).

“Kami berikan pembekalan terkait pentingnya pelajar bijak dalam bermedia sosial agar tidak terjerat Undang-Undang ITE,” kata Kasi Humas Polres Ketapang Iptu Sumadinata, di Ketapang, melansir dari ANTARA, Rabu(11/10/2023).

Disampaikan Sumandinata, sosialisasi dan edukasi terkait bermedia sosial itu dilaksanakan oleh bidang Humas Polres Ketapang melalui program polisi masuk sekolah atau police goes to school.

Menurut dia, pelajar meskipun memahami dampak negatif bermedia sosial baik itu yang berkaitan dengan informasi bohong atau hoax maupun yang berkaitan dengan kenakalan remaja.

Selain itu, pihak Polres Ketapang juga melakukan penyuluhan terkait perundungan atau bullying.

“Tidak hanya menyangkut media sosial, kami juga sosialisasikan dampak kenakalan remaja seperti bullying, narkoba dan pergaulan bebas serta tertib berlalu lintas,” katanya.

Melalui kegiatan polisi masuk sekolah tersebut diharapkan pelajaran di Ketapang menumbuhkan kesadaran untuk menjauhi segala bentuk kenakalan remaja dengan mengisi waktu luang dengan kegiatan positif.

Dijelaskan Sumandinata, program polisi masuk sekolah rutin dilaksanakan salah satunya yang dilaksanakan di SMAN 03 Ketapang.

Program tersebut bertujuan mendekatkan polisi dengan pelajar dan memberikan pemahaman terkait dampak-dampak kenakalan remaja agar para pelajar tersebut menjadi generasi muda yang menjadi mitra polisi guna menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS