PDIP Resmi Umumkan Cawapres Ganjar Pranowo: Mahfud MD

Poster Ganjar - Mahfud alias Gama mulai beredar di media sosial pada Selasa malam (17/10/2023). [Twitter]

Jakarta (Suara Kalbar) – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) secara resmi mengumumkan calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden 2024. Keputusan ini diumumkan oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, pada Rabu (18/10/2023). Cawapres yang dipilih adalah Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Profesor Doktor Mahfud MD.

“Dengan mengucapkan bismillahirahmanirahim maka cawapres yang dipilih oleh PDIP yang akan mendampingi bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Profesor Doktor Mahfud MD,” kata Megawati melansir dari Suara.com–Jaringan Suarakalbar.co.id, Rabu(18/10/2023),

Setelah Megawati mengumumkan, sosok Mahfud masuk ke ruangan acara. Ia tampak mengenakan batik hijau dan kopiah hitam. Dirinya masuk ke ruangan bersama dengan Ganjar yang mengenakan kemeja hitam.

Setelah itu, keduanya duduk di barisan kursi paling depan menghadap ke Megawati yang duduk menghadap tamu undangan.

Megawati menjelaskan, Mahfud bukan sosok yang asing bagi dirinya. Sebelumnya, Mahfud pernah menjadi anggota dewan pembina BPIP.

Menurutnya, Mahfud merupakan sosok yang berintelektual dan memiliki pengalaman lengkap terutama di ranah hukum.

Selain itu, Megawati menyebut Mahfud sebagai sosok yang kerap membela orang kecil.

“Prof Mahfud juga pendekar hukum dan pembela wong cilik. Saya bilang ke beliau, hukum ini jangan semuanya pada bungkam,” ungkapnya.

Daftar ke KPU RI

Usai pengumuman, koalisi pendukung Ganjar langsung mendaftarkan Ganjar dan ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta Pusat. Mereka akan mendaftar di hari pertama pendaftaran capres dan cawapres yakni pada Kamis (19/10/2023) besok.

Hal tersebut dipastikan oleh Ketua Divisi Teknis KPU RI, Idham Holik. Ia menuturkan, pihaknya telah menerima surat dari koalisi partai pendukung Ganjar.

Surat tersebut berisikan pemberitahuan kalau Ganjar dan cawapresnya akan daftar pada Kamis.

Menurut surat yang diterima, mereka akan mendaftar pada pukul 11.00 WIB.

“Koalisi partai politik PDIP, PPP, Partai Hanura dan Partai Perindo akan mendaftarkan bakal pasangan calon presiden dan wakil presidennya ke kantor KPU,” tutur Idham kepada wartawan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS