Landak  

Pameran Bonsai di Landak, Seni yang Mendukung Ekonomi Kreatif

Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) cabang Kabupaten Landak menyelenggarakan pameran dan kontes bonsai lokal se Kalimantan Barat di Halaman Kantor Bupati Landak dari tanggal 25 sampai 29 Oktober 2023.[SUARAKALBAR.CO.ID/HO-Diskominfo Landak]

Landak (Suara Kalbar) – Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) cabang Kabupaten Landak menggelar pameran dan kontes bonsai lokal se-Kalimantan Barat dengan tema “Pesona Bonsai Bumi Intan Merajut Seni Melalui Bonsai Menuju Landak Edo”. Acara tersebut berlangsung di Halaman Kantor Bupati Landak dari tanggal 25 hingga 29 Oktober 2023.

Pameran dan kontes bonsai merupakan ajang untuk memamerkan karya seni bonsai lokal yang dihasilkan oleh para penggemar dan pembudidaya bonsai di daerah ini. Acara ini bertujuan untuk mempromosikan seni bonsai, meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kesenian bonsai, dan membuka peluang bagi para seniman bonsai untuk mengekspresikan kreativitas mereka.

Pj. Bupati Landak, yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, Anem, dalam sambutannya menyoroti pentingnya seni bonsai sebagai bentuk kesenian yang memiliki nilai tinggi. Bonsai, yang berasal dari Cina dan kemudian populer di Jepang, telah menjadi tren global dan semakin diakui sebagai bentuk seni yang memukau. Para komunitas penggemar bonsai mampu memberi nilai tinggi pada seni ini, yang selain indah juga bernilai seni tinggi.

“Munculnya komunitas penggemar bonsai yang mampu memberi nilai tinggi pada seni bonsai menjadi sebuah potensi komoditas baru. bonsai selain indah juga bernilai seni tinggi, semakin cantik bonsai dan semakin sering memenangkan kontes, membuat nilai bonsai semakin melambung. Sehingga, bonsai mampu berperan menjadi salah satu penggerak perekonomian dari sektor industri pariwisata dan ekonomi kreatif,” tuturnya dalam keterangan yang diterima, Minggu (29/10/2023).

Lebih jauh Anem menjelaskan bahwa letak geografis Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Landak yang sangat cocok bagi pohon-pohon tropis Indonesia. hal ini menjadi peluang yang besar bagi pembudidaya bonsai dan seniman bonsai Landak dan sekitarnya untuk lebih berkembang. sehingga kesenian bonsai lebih memasyarakat dan mampu menopang ekonomi masyarakat.

“Semua nilai positif dari kegiatan bonsai ini sangat memerlukan kolaborasi dan dukungan dari masyarakat dan pemerintah daerah Kabupaten Landak serta pihak swasta,” jelasnya.

Dirinya berharap melalui media pameran dan kontes bonsai diharapkan semakin memicu percepatan perkembangan seni bonsai dan sebagai sarana edukasi tentang seni bonsai di Landak.

“Ini juga yang menjadi harapan kita bersama dan berharap kegiatan ini memiliki banyak nilai-nilai positif dari segala lini masyarakat maupun pemerintah daerah Kabupaten Landak,” harapnya

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS