Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak Masih Marak di Kubu Raya

Rumah pendampingan para korban kekerasan baik yang menimpa anak ataupun perempuan dewasa.[SUARAKALBAR.CO.ID/Yati S]

Kubu Raya (Suara Kalbar) – Kasus kekerasan  menimpa perempuan dan anak-anak masih marak terjadi. Kabupaten Kubu Raya menjadi satu diantara daerah dengan masih ditemukannya kasus tersebut.

Kabid Kesejahteraan anak DP3KB Kubu Raya Sumintar mengatakan mencatat sejak januari hingga oktober 2023 ada sekitar 50 kasus kekerasan pada anak yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kubu Raya.

“Jika dilihat indeksnya mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya,namun kasus yang banyak terjadi itu kekerasan seksual,” kata Sumintar Senin (16/10/2023) siang.

Sumintar menjelaskan kasus kekerasan pada anak terus diungkap seiring banyaknya korban kejahatan yang berani melaporkan tindak kejahatan yang dilakukan oleh pelaku mirisnya para pelaku adalah orang terdekat dari korban.

“Pelaku kebanyakan orang terdekat,banyak orang tua yang belum memberikan kamar sendiri bagi anaknya padahal si anak sudah remaja hal tersebut juga menjadi pemicu kekerasan seksual,” jelasnya.

DP3KB meminta kepada masyarakat untuk senantiasa mengawasi ruang gerak bermain dan pergaulan anak- anak, berikan pendekatan agar anak tidak ragu dan takut untuk bercerita apa saja yang telah ia alami dan temui saat diluar rumah.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS