Bupati Tabalong: Manfaatkan Lahan Pertanian untuk Dukung IKN

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani saat kunjungan kerja ke Kecamatan Banua Lawas, Kalimantan Selatan. (ANTARA)

Suara Kalbar – Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan, Anang Syakhfiani, telah meminta masyarakat setempat untuk memanfaatkan lahan pertanian guna mendukung upaya mewujudkan Kabupaten Tabalong sebagai penyuplai pangan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

“Manfaatkan lahan yang kosong guna mendukung upaya bersama mewujudkan Kabupaten Tabalong sebagai daerah penyuplai pangan ke IKN,” kata Anang melansir dari ANTARA, Jumat(13/10/2023).

Saat ini, Anang menuturkan sektor daerah mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga wilayah setempat menjadi kawasan swasembada pangan.

Anang mengungkapkan angka produktivitas padi di Kabupaten Tabalong mencapai 5,6 ton per hektare atau 110.680 ton produksi gabah kering panen.

“Alhamdulillah, sektor pertanian berkembang dengan pesat dan kita tak perlu menggantungkan diri pada sektor tambang,” tutur Anang.

Namun, Anang menyatakan Tabalong masih harus bekerja keras untuk memenuhi perkiraan kebutuhan pangan di IKN yang bisa mencapai 2,5 ton per hari, karena Kabupaten Tabalong mampu memproduksi beras sebanyak 1,2 ton hingga 2 ton.

Untuk luas tanam padi di Kabupaten Tabalong sekitar 16.087 hektare dengan luas panen 14.102 hektare.

Guna mempersiapkan memenuhi kebutuhan pangan di IKN, Kabupaten Tabalong membangun kampung hortikultura sejak 2022 pada lima desa.

Desa tersebut, yakni Desa Lok Batu, Desa Masingai I, Desa Masingai II, Desa Kembang Kuning dan Desa Catur Karya dengan dukungan bantuan benih, pupuk dan perlengkapan pertanian terkait program kampung hortikultura.

Sedangkan lima desa yang akan dikembangkan menjadi kampung hortikultura pada 2023 mencakup Desa Seradang, Desa Bongkang, Desa Nawin, Desa Hayub dan Desa Wirang.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS