Disbunak Sanggau Sosialisasikan Pemanfaatan Pelepah Sawit

Peserta sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan pelepah kelapa sawit sebagai Pakan Terna kepada kelompok ternak yang ada di Kecamatan Meliau dan Kecamatan Kapuas di Aula Gereja Desa Melobok, Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau, Kamis (14/9/2023). SUARAKALBAR.CO.ID/ Darmansyah.

Sanggau (Suara Kalbar) –Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) melalui bidang peternakan menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan pelepah kelapa sawit sebagai pakan ternak kepada kelompok ternak yang ada di Kecamatan Meliau dan Kecamatan Kapuas di Aula Gereja Desa Melobok, Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau, Kamis (14/9/2023).

Dalam kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Pemanfaatan Pelepah Kelapa Sawit sebagai Pakan Ternak juga dihadiri oleh Anggota DPRD YuliusTehau, Sekdes Desa Melobok dan kelompok ternak yang terdiri dari kelompok Dekan Jaya, Kelompok MaesoTani, Kelompok Rimba Makmur dan Kelompok Riam Jaya.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dadan Sumarna mengatakan bahwa tujuan dari sosialisasi dan pelatihan ini adalah sebuah inovasi dalam cara budidaya ternak sapi.

“Dimana kegiatan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan Iptek para peternak yang ada di Kabupaten Sanggau dalam pemanfaatan pelepah kelapa sawit yang di fermentasikan atau disebut SILASE sebagai pengganti hijauan pakan ternak yang selama ini diberikan peternak kepada ternaknya,”ujar Dadan, Jumat (15/9/2023).

Pemanfaatan pelepah sawit dapat menekan biaya produksi pakan untuk peternakan sapi. Selain itu, sapi yang diberi SILASE dapat gemuk lebih cepat dan memiliki daging yang lebih halus serta tanpa lemak saat dimakan.

“Dengan pengolahan yang baik pelepah kelapa sawit dapat digunakan sebagai pakan ternak sapi sehingga dapat meningkatkan produksi dan populasi ternak sapi di Kabupaten Sanggau,” katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS