Keren, Dua Anak Mempawah Diundang ke Semarang Hadiri Kegiatan FAN dan HAN 2023

Atraksi polisi cilik di depan Wabup Mempawah Muhammad Pagi dan Forkorpimda pada Peringatan HAN 2023 di Kantor Bupati Mempawah, Rabu (9/8/2023). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Diskominfo Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Pemerintah Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, menggelar Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2023, di Balairung Setia Kantor Bupati Mempawah, Rabu (9/8/2023).

Mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”, peringatan HAN 2023 dimeriahkan dengan ragam penampilan seni yang dibawakan para pelajar di hadapan pejabat Pemkab Mempawah dan Forkorpimda.

Diantaranya ada tari-tarian, atraksi polisi cilik SDN 23 Mempawah Binaan Satlantas Polres Mempawah, flashmob aku Indonesia yang dibawakan forum anak dan gabungan pelajar, serta pembacaan dan penyerahan suara anak.

Sebelumnya Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi saat membuka kegiatan peringatan HAN 2023 menegaskan komitmen Pemkab Mempawah untuk menjamin pemenuhan hak-hak anak.

“Hal ini sebagai perwujudan dari Kabupaten Layak Anak yang dianugerahkan Pemerintah Pusat melalui Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia pada 22 Juli lalu,” ujarnya.

Peringatan HAN 2023, disebut Muhammad Pagi, memiliki makna sebagai bentuk kepedulian dari pemerintah daerah terhadap perlindungan anak di Kabupaten Mempawah agar terus tumbuh dan berkembang optimal.

“Ini momen tepat meningkatkan kepedulian seluruh elemen masyarakat, khususnya Kabupaten Mempawah, terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak, guna terwujudnya Kabupaten Layak Anak,” katanya.

Tidak hanya itu, imbuh Wabup, Pemkab Mempawah juga terus bersinergi dengan berbagai elemen untuk menciptakan berbagai program kebijakan maupun kegiatan untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak.

“Upaya yang kita lakukan ini diharapkan bisa menghasilkan anak-anak Kabupaten Mempawah sebagai generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria serta berakhlak mulia,” ucapnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Mempawah Rohmat Effendi melaporkan rangkain kegiatan HAN 2023.

Dimulai dari kegiatan Forum Anak Daerah, Penguatan Kapasitas Forum Anak melalui 2P (pelopor dan pelapor), serta keikutsertaan Forum Anak Mempawah pada forum anak tingkat provinsi.

Pada kegiatan tersebut, Forum Anak Mempawah atas nama Indana Kayara Yuska terpilih sebagai Wakil Ketua 1 dan Najwa Adellia sebagai Koordinator Divisi Jaringan dan Sosialisasi Forum Anak Kalbar periode 2023-2025.

Istimewanya lagi keduanya juga terpilih mengikuti kegiatan Forum Anak Nasional dan Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2023 di Kota Semarang, Jawa Tengah, 20-23 Juli lalu.

Pada kesempatan tersebut, dikatakan Rohmat, Indana Kayara Yuska yang merupakan perwakilan Kalimantan Barat ikut berpartisipasi pada pengesahan Suara Anak Indonesia tahun 2023.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS