Kelompok 8 KKN Kebangsaan XI Beberkan Bahayanya “Bullying dan Cyberbullying” di SMP Negeri 2 Capkala

Para mahasiswa Kelompok 8 KKN Kebangsaan XI foto bersama dewan guru dan pelajar usai “Bullying dan Cyberbullying” di SMP Negeri 2 Capkala Kabupaten Bengkayang Kalbar, Kamis (3/8/2023). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Rizki Alfitra Hasibuan

Bengkayang (Suara Kalbar) – Sejumlah mahasiswa Kelompok 8 KKN Kebangsaan XI menggelar sosialisasi bertajuk “Bullying dan Cyberbullying” di SMP Negeri 2 Capkala Kabupaten Bengkayang Kalbar, Kamis (3/8/2023).

Kegiatan sarat edukasi yang berlangsung di aula SMPN 2 Capkala dan dipandu 10 mahasiswa itu mendapat sambutan antusias dari puluhan peserta yang terdiri dari siswa kelas 8 dan 9.

Bertindak sebagai pemateri Mickael Febrianto Owen, dengan Gilang Tahes Pratama sebagai moderator dan Maulida Bakti dan Sekar Kinasih selaku master of ceremony (MC).

Agar tidak berlangsung tegang, kegiatan ini memang dikemas sesantai dan semenarik mungkin agar siswa mampu menyerap berbagai materi terkait Bullying dan Cyberbullying yang mesti dihindari.

Semisal sebelum memasuki materi sosialisasi, para pelajar terlebih dahulu diajak menyuarakan yel-yel yang membuat ruangan aula seketika terdengar gemuruh suara menggelegar riang gembira.

Selain itu para siswa juga diberi kesempatan panitia untuk mengikuti sesi tanya jawab singkat yang dibarengi canda serta guyonan agar acara tetap bisa dinikmati dengan fresh sejenak.

Untuk menambah semangat, panitia juga menggelar kuis berhadiah berbasis information and technology (IT) yang soalnya diambil dari materi selama sosialisasi berlangsung.

Sebelumnya, saat sosialisasi para mahasiswa secara serius memberikan edukasi yang diharapkan dapat merubah pola pikir siswa menjadi lebih baik, entah melalui tatap muka maupun lewat sosial media.

Tujuannya tentu agar mereka dapat meredam bahkan memperkecil jumlah  kasus bullying dan cyberbullying yang banyak terjadi selama ini seiring perkembangan teknologi informasi.

Kepala SMPN 2 Capkala Herlini menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa KKN Kebangsaan yang telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi yang bertajuk “Bullying dan Cyberbullying”.

“Sosialisasi dan edukasi yang dilakukan adik-adik mahasiswa KKN Kebangsaan ini sangat baik. Sebab kita ketahui bersama tindakan bullying kerap terjadi di lingkungan sekolah SMPN 2 Capkala,” ujar Herlini.

Oleh karena itu, ia menilai sosialisasi tersebut memiliki arti penting agar para siswa tahu betapa berbahayanya aksi-aksi bullying dan cyberbullying dan meminta agar itu tidak dilakukan.

“Kami berharap sosialisasi ini semakin menambah wawasan dan pengetahuan para siswa SMPN 2 Capkala terkait dampak buruk perbuatan bullying ini. Harapan kami selaku pendidik, apa yang dilakukan adik-adik mahasiswa bisa mengubah perilaku karakter siswa menjadi lebih baik,” imbuhnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS