Opini  

Hargailah Walau Sekecil Apapun Itu

Bayu

Oleh: Bayu, M.Pd

Manusia memiliki keinginan alami untuk lebih maju, lebih baik, bahkan lebih unggul dari manusia lain. Hal itu baik, namun manusia memiliki caranya masing-masing untuk mengejar keinginannya.

Ketahuilah bahwa tidak perlu menjatuhkan orang lain untuk membuat kamu maju, tidak perlu menginjak kepala orang lain untuk membuatmu naik. Faktanya, sering kali manusia lupa untuk menghargai manusia lain. Tidak peduli, cuek, bahkan meremehkan orang lain.

Meremehkan orang lain bisa menjadi boomerang untuk diri kita sendiri karena saat kita meremehkan orang lain, saat itulah kita membuat diri sendiri lebih rendah dari orang yang kita remehkan tersebut.

Lantas, apa yang membuat manusia terkadang lupa untuk menghargai orang lain? Apakah karena uang? Jabatan? Status sosial? Atau fisik? Apapun alasannya, jangan pernah menganggap remeh orang lain.

Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga dengan diri kita yang tidak lepas dari kekurangan. Belajarlah untuk lebih menganggap penting orang-orang di sekitar kita, berbahagialah karena keberadaan mereka, terima setiap masukan dan teguran yang mereka berikan karena sebenarnya tidak ada manusia manapun yang lebih tinggi kedudukannya dengan manusia lain.

Menghargai orang lain adalah tentang kebiasaan yang tidak bisa didapat secara instan, kita perlu untuk terus menerapkannya dimanapun dan kapanpun serta dengan siapapun maka kamu akan menjadi terbiasa. Dari kebiasaan itulah kita sedang membentuk kepribadian menjadi pribadi yang lebih baik.

Proses perjalanan hidup kita tak ubahnya perjuangan kita saat belajar untuk menaiki sepeda. Saat kita ragu, takut dan was-was maka kehidupan itu akan terasa sangat berat dan menakutkan.

Semakin kita merasa takut dan ragu, kemungkinan besar apa yang kita takutkan itu terjadi. Jikapun tidak terjadi, ketakutan telah menambah beban dalam pundak kita. Hasilnya, kita tidak pernah bisa mencapai harapan-harapan yang kita inginkan secara maksimal.

Sekarang bangkitlah. Lakukan semampunya. Mulailah dari hal-hal kecil. Jangan menunda-nunda dan jangan pernah berputus asa atas kegagalan-kegagalan kecil yang kita alami saat ini. Nikmatilah setiap langkah atau proses kehidupan ini sampai akhirnya kita menemukan kemahiran atas diri kita sendiri.

Saat itulah kita akan menemukan keunikan kita yang mampu melengkapi kekurangan orang lain dan menjadikan kita berguna dalam kehidupan ini. Dibutuhkan keberanian dalam menapaki setiap langkah dalam kehidupan.

Keberanian memperingan dan memberikan keseimbangan dalam langkah. Karena itu dibutuhkan sebuah optimisme dan keyakinan agar hati kita mantap melangkah. Keberanian akan semakin memperkokoh jejak kaki kita di bumi ini. Itu sebabnya keberanian menjadi modal utama dalam menapaki kehidupan ini.

*Penulis adalah Dosen IAIS Sambas

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Penulis: RilisEditor: Kundori